Jurus Telkom Transformasi Jadi Perusahaan Digital Terdepan

Jurus Telkom Transformasi Jadi Perusahaan Digital Terdepan

ADVERTISEMENT

Jurus Telkom Transformasi Jadi Perusahaan Digital Terdepan

Aisyah Kamaliah - detikInet
Rabu, 21 Des 2022 15:45 WIB
Groundbreaking Data Center Telkom di Batam
Groundbreaking data center Telkom di Batam (Foto: Aisyah Kamaliah/detikcom)
Batam -

Telkom menjalankan komitmen untuk bertransformasi menjadi digital telco terdepan. Tentunya, ada beberapa hal yang dilakukan untuk mencapai hal tersebut.

CEO TelkomGroup, Ririek Adriansyah mengatakan bahwa Telkom sudah jauh-jauh hari mencanangkan misi transformasi, tepatnya pada 2019. Hal ini dia jabarkan dalam acara media gathering Telkom, di Batam, Kepulauan Riau, Selasa (20/12/2022).

"Fase pertama, kita berfokus pada perbaikan fundamental seperti bisnis. Untuk Fase kedua 2023 kita investing, dan harvest-nya di tahun 2024," ujar Ririek.

Salah satu yang dilakukan Telkom untuk mengembangkan bisnisnya sekaligus membangun masyarakat adalah dengan adanya data center. Yang terbaru ada di Cikarang, Jawa Barat dan Batam, Kepulauan Riau.

"Data center di Batam untuk mengakses pasar Singapura yang pertumbuhan tinggi tapi ada keterbatasan nggak bisa bikin data center baru. Kita ada data center di Singapura, tapi request sangat banyak. Dengan buka di Batam harapannya bisa melayani juga," sambungnya.

Telkom terus mengembangkan infrastruktur, platform maupun layanan digitalnya untuk mendukung berbagai aktivitas di setiap segmen dan lapisan masyarakat. Sepanjang 171.654 km serat optik milik Telkom tergelar dengan jaringan akses yang menjangkau hingga 499 Ibukota Kabupaten Kota (IKK).

Infrastruktur ini didukung pula dengan 2 satelit yang memiliki 109 transponder, 255.107 Base Transceiver Station Telkomsel dan 36.787 menara telekomunikasi. Selain itu, Telkom juga memiliki platform digital seperti 27 fasilitas data center di antaranya 22 domestik dan 5 luar negeri. Berbagai platform dan layanan digital dengan teknologi terdepan turut hadir mendukung langkah transformasi Telkom menjadi perusahaan telekomunikasi digital terdepan.

PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) telah membuat Hyperscale Data Center (HDC) di Cikarang. Pusat data yang dibangun di atas tanah seluas 65.000 meter persegi di kawasan Cikarang, Bekasi, itu memiliki kapasitas total hingga 10.000 rack dan daya mencapai 75 Megawatt.



Simak Video "Hasil Investigasi Telkom: Data Diduga Milik IndiHome Ternyata Dijual"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT