Bocoran Telkom Bakal Bangun Data Center di 2 Kota Ini

Bocoran Telkom Bakal Bangun Data Center di 2 Kota Ini

ADVERTISEMENT

Bocoran Telkom Bakal Bangun Data Center di 2 Kota Ini

Aisyah Kamaliah - detikInet
Rabu, 21 Des 2022 12:23 WIB
Data Center Facebook
Ilustrasi data center. Foto: Facebook
Batam -

Setelah membangun data center di Batam, Telkom akan membangun data center di kota-kota lainnya. Kabar ini dicetuskan Bogi Witjaksono, Direktur Wholesale and International Service Telkom dalam acara media gathering Telkom di Batam, Kepulauan Riau.

"Lokasi setelah Batam kemungkinan besar kita akan membangun lagi di Manado," kata Bogi, Selasa (20/12/2022).

Manado dipilih karena dianggap sebagai lokasi strategis di wilayah paling utara Indonesia. Selain Manado, Bogi juga menyebut IKN akan menjadi target selanjutnya. IKN adalah Ibukota negara republik Indonesia terbaru, di Nusantara, Kalimantan.

Nantinya, data center di Manado diharapkan bisa memanfaatkan energi terbarukan. Energi terbarukan tersebut adalah teknologi panas Bumi (geothermal).

"Kalau IKN berhasil dijalankan, kita akan membangun satu lagi di IKN. Jadi, ini sebuah rangkaian dari keseluruhan upaya," ucapnya.

Sebelumnya, Telkom sudah memiliki data center di Cikarang, Jawa Barat. Telkom juga sudah membangun data center di Singapura. Dengan adanya pembangunan ini, diharapkan Telkom bisa menyerap potensi dari Singapura yang masih butuh data center tambahan.

"Kita sudah berupaya mengakomodir overflow dari Singapura tapi data center di Singapura sudah penuh. Dari 17 megawatt di sana, kita hitungannya ada 10 megawatt yang pindah ke data center kita di Batam," tandasnya.



Simak Video "Hasil Investigasi Telkom: Data Diduga Milik IndiHome Ternyata Dijual"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT