Telkom-IDTRI dan Huawei Kembangkan Talenta Digital Terkait FMC

Telkom-IDTRI dan Huawei Kembangkan Talenta Digital Terkait FMC

ADVERTISEMENT

Telkom-IDTRI dan Huawei Kembangkan Talenta Digital Terkait FMC

Agus Tri Haryanto - detikInet
Selasa, 29 Nov 2022 17:15 WIB
IndiHome dan Orbit
Workshop terkait FMC digelar Telkom-ITDR dan Huawei. Foto: Telkom Group
Jakarta -

Telkom melalui Indonesia Telecommunication & Research Institute (ITDRI) berkolaborasi dengan Huawei terkait Fixed Mobile Convergence (FMC).

Telkom-ITDRI bekerjasama dengan Huawei untuk mencetak talenta digital Indonesia, terutama di Telkom dengan mengadakan pelatihan eksekutif bagi senior leader Telkom terkait proses transisi proyek FMC.

Pontjo Suwarhono selaku Kepala Proyek Bisnis FMC Telkom Group mengatakan, sesi pelatihan FMC di Slipi, Jakarta Barat itu turut menghadirkan pembicara dari PCCW Hongkong Telecomm terkait pengalaman mereka dalam pelaksanaan FMC.

"Mulai dari bagaimana menggunakan FMC, lalu men-set up layanan, hingga bisa diterima pelanggan, ini adalah hal yang bagus, sehingga kita bisa mencontoh implementasi-nya di Indonesia melalui Telkom yang akan menuju FMC," katanya dalam keterangan pers, Senin (28/11/2022).

Sebagaimana diketahui, salah satu rencana FMC yang signifikan di Telkom Group adalah rencana penggabungan layanan Telkomsel dan IndiHome.

Huawei sebagai salah satu perusahaan teknologi telah bekerja sama dengan banyak operator telekomunikasi dunia, salah satunya PCCW Hong Kong Telecomm dengan menghadirkan narasumber, yaitu Michael Chiu Chung Yue dan Kam Shing Fung sebagai VP & AVP Engineering Operations, Resources Management, & Transformation PCCW Hong Kong Telecomm.

Pontjo mengatakan, pihaknya meyakini bahwa pembelajaran dari kegiatan ini sangat dapat diimplementasikan dalam persiapan FMC sebagai salah satu dari lima strategi besar Telkom Group.

"Perancangan dan pembangunan FMC telah membawa dampak penting pada perbaikan customer experience atau pengalaman pelanggan. Hal tersebut dibuktikan PCCW yang sudah mengimplementasikan FMC sejak 2006 dengan mengintegrasikan produk ke bentuk Quad Play, yakni gabungan empat layanan, yaitu Telepon, Internet, Seluler dan Digital TV yang dapat dinikmati lebih mudah," sambungnya.

Induk perusahaan Telkom tengah menyusun rencana perwakinan antara IndiHome dan Telkomsel yang nantinya melahirkan Fixed Mobile Convergence (FMC).Induk perusahaan Telkom tengah menyusun rencana perwakinan antara IndiHome dan Telkomsel yang nantinya melahirkan Fixed Mobile Convergence (FMC). Foto: Telkom

Sebelumnya, masyarakat Hong Kong memiliki tagihan terpisah antara telepon rumah dan internet, bahkan berbeda provider untuk seluler dan televisi. Dengan FMC, pelanggan bisa dengan mudah membayar empat layanan sekaligus dalam menjamin sisi customer experience serta keberlanjutan bisnis.

Sementara itu, Jemy V. Confido sebagai Chairman of ITDRI, mengatakan FMC merupakan inisiatif yang sangat penting dalam 5 Bold Moves (Lima Strategi Besar) Telkom Group, sehingga pihaknya harus menyiapkan segala sesuatunya termasuk paradigma, pemahaman, dan kompetensi yang dibutuhkan untuk sukses-nya 5 Bold Moves.

"Harapannya tidak berhenti di hari ini saja, namun akan terus bergulir mendatangkan para ahli dan narasumber terkait FMC untuk mendukung proses transformasi ini," ucapnya.

Kolaborasi antara Telkom-ITDRI dan Huawei sudah terjalin sejak tahun 2021 dengan menghasilkan kurikulum 5G dan Data Science serta menggelar beberapa program learning dalam bentuk webinar.

Di tahun 2022 hingga 2023 mendatang, keduanya akan menyelenggarakan 4 program joint learning dengan topik selain FMC, adalah HCIA - Big Data Certification, IP Network & Cloud Data Center (CDC), yang akan dikemas dalam bentuk workshop serta menghadirkan narasumber kompeten di bidangnya.

Selain berkolaborasi dengan Huawei, Telkom-ITDRI sudah banyak melakukan kolaborasi bersama partner lain dalam lingkup Learning, Research & Innovation.



Simak Video "Hasil Investigasi Telkom: Data Diduga Milik IndiHome Ternyata Dijual"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT