Telkom Asah Bibit Unggul 1.040 Talenta Digital RI

Telkom Asah Bibit Unggul 1.040 Talenta Digital RI

ADVERTISEMENT

Telkom Asah Bibit Unggul 1.040 Talenta Digital RI

Agus Tri Haryanto - detikInet
Sabtu, 17 Des 2022 13:45 WIB
Ekonomi Digital
Foto: Dok Detikcom
Jakarta -

Seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi, Indonesia membutuhkan talenta digital mumpuni. Sebagai perusahaan plat merah, Telkom melahirkan talenta digital sejak dini.

Ribuan peserta siswa SMK se-Indonesia berhasil menyelesaikan program Pelatihan & Sertifikasi Telkom DigiUp, pelatihan dan sertifikasi nasional teknologi informasi komunikasi (TIK), yang diselenggarakan Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) dan Community Development Center (CDC) Telkom.

Program Telkom DigiUp yang dibuka pertengahan November lalu resmi ditutup pada 10 Desember 2022. Hasilnya terdapat 1.040 peserta akhir talenta digital dari 24 kelas program tersebar di 231 sekolah dari 23 provinsi yang berhasil dijalankan selama program tersebut, yang masing-masingnya diikuti 40 peserta/kelas.

Direktur Utama YPT Dodi Irawan mengatakan, tuntasnya program tersebut sebagai komitmen Telkom Group terhadap dunia pendidikan di Indonesia, terutama dalam menciptakan kebermanfataan institusinya dalam mengisi kebutuhan industri.

Disampaikannya, pendidikan vokasi yang disediakannya berkolaborasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat SMK, seperti Telkom DigiUp ini guna memberikan solusi-solusi pendidikan yang adaptif dengan kebutuhan industri.

"Telkom siap untuk lebih awal hadapi tantangan digital masa depan, dan melalui program ini akan sangat meningkatkan kompetensi digital bagi para siswa SMK," ujar Dodi dalam keterangan tertulisnya.

Pelatihan Gratis Berkualitas

Program bertemakan "Escalating Digital Skills Competencies for Future Digital Talents" ini tidak memungut sepeserpun dana dari peserta karena sepenuhnya dibiayai CDC PT Telkom. Begitu juga, peserta dilatih dalam kurikulum berkualitas serta diberi sertifikasi standar Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Adapun instruktur pelaksana program pelatihan daring ini dilakukan anak perusahaan YPT, PT Telkom Prima Cipta Certifia (PT TPCC), yang mengombinasikan program pelatihan, case based workshop experience, dan sertifikasi dalam satu paket penting.

TPCC adalah lembaga yang siap memberikan solusi terhadap kebutuhan pengembangan human capital melalui program pelatihan dan sertifikasi, solusi berbasis TIK, konsultansi di bidang Information, Communication, Technology, Business & Management (ICTBM).

Ketua Panitia Program Telkom DigiUp Iis Kurnia mengatakan, 24 kelas program tersebut telah sukses menjalankan sertifikasi bidang Junior Desain Grafis, Junior Multimedia Desainer (UI/UX), Junior Network Administrator, Junior Web Developer, serta Junior Web Programmer (Phyton) Programming.

1.040 peserta siswa SMK se-Indonesia berhasil menyelesaikan program Pelatihan & Sertifikasi Telkom DigiUp, pelatihan dan sertifikasi nasional teknologi informasi komunikasi (TIK) yang digelar oleh Telkom.1.040 peserta siswa SMK se-Indonesia berhasil menyelesaikan program Pelatihan & Sertifikasi Telkom DigiUp, pelatihan dan sertifikasi nasional teknologi informasi komunikasi (TIK) yang digelar oleh Telkom. Foto: Telkom

Menurut dia pencapaian tersebut sangat baik karena peserta program hasil seleksi yang ketat yakni 1.040 siswa penyelesai program adalah hasil penyaringan dari 4.917 atau 1:4 siswa.

"Program ini juga berhasil menjangkau peminat dan lulusan dari daerah 3T atau terdepan, tertinggal, dan terluar. Saat pendaftaran, ada 540 SMK dari 25 Provinsi, termasuk di dalamnya 142 peserta dari 11 Kota dan Kabupaten di area 3T. Sementara lulusannya berhasil menjangkau 5 kota dan kabupaten 3T dengan peserta dari 7 sekolah," pungkasnya.



Simak Video "Momen Jokowi Rayu Ainun Najib untuk Pulang ke RI"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT