Jurus Telkomsel, XL Axiata dan Indosat Tangkis Ancaman Resesi 2023

Jurus Telkomsel, XL Axiata dan Indosat Tangkis Ancaman Resesi 2023

ADVERTISEMENT

Jurus Telkomsel, XL Axiata dan Indosat Tangkis Ancaman Resesi 2023

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Rabu, 30 Nov 2022 12:20 WIB
Ketergantungan masyarakat terhadap Telepon Genggam (Handphone) sekarang ini memang sangat tinggi. Hampir disetiap kesempatan beraktivitas masyarakat tidak bisa dijauhkan dari HP. Handphone, Smartphone. Warga menggunakan telepon genggam di kawasan Thamrin, Jakarta, Rabu (18/7/2012). File/detikFoto.
Ilustrasi para pengguna smartphone (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Potensi ancaman resesi ekonomi global 2023 jadi atensi para operator seluler di Indonesia. Mereka masing-masing menyiapkan jurus tangkisan.

Dalam Diskusi Akhir Tahun Indotelko Forum, Dirut Telkomsel Hendri Mulya Syam mengatakan dirinya optimistis menyambut 2023. Telkomsel menyiapkan strategi berupa penguatan core bisnis, memperluas layanan lewat platform pembelajaran Kuncie dan Fita untuk perilaku sehat. Ada juga Telkomsel DFE untuk membantu sektor pangan dan sejumlah anak perusahaan untuk mendorong ekonomi digital seperti LinkAja, GoTo, Indico dan Telkomsel Mitra Inovasi (TMI).

"Dengan seluruh tantangan yang ada dan berdampak di 2023, Telkomsel yakin seluruh tantangan itu bisa jadi peluang," kata Hendri, Rabu (30/11/2022).

Pada forum yang sama Dirut XL Axiata Dian Siswarini mengatakan ancaman resesi ekonomi 2023 dipicu perang Rusia-Ukraina, agresivitas Amerika meningkatkan suku bunga dan faktor COVID-19 di China. Industri telekomunikasi Indonesia juga akan mengalami tekanan, namun XL Axiata melihat peluang yang bisa dimanfaatkan.

XL Axiata akan terus menawarkan konvergensi untuk segmen keluarga dan bisnis. Segmen keluarga ditawarkan aneka paket menarik yang sesuai, sementara segmen bisnis ditawarkan solusi untuk UMKM.

XL Axiata juga akan terus menggelar ekspansi jaringan ke luar Jawa, konsisten untuk investasi jaringan. Ketiga, personalisasi layanan sesuai kebutuhan langganan.

"Kami yakin pertumbuhan akan tetap positif, kami melihat beberapa peluang yang bisa dimanfaatkan," kata Dian.

Sementara itu, Dirut Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Singha mengatakan pihaknya juga punya strategi menghadapi 2023. Caranya dengan mendorong transformasi digital.

Indosat sudah punya jaringan 5G di 8 kota dan menyiapkan ekosistemnya. Indosat juga mendorong literasi digital untuk generasi muda, membuka kesempatan untuk UMKM, talenta digital dan penyetaraan kesempatan untuk perempuan.

"Mari berkolaborasi untuk memperkuat digital transformasi di Indonesia," kata Vikram.



Simak Video "Berapa Kecepatan Layanan 5G Indosat di Bali?"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT