Kisah Inspiratif Pemilik Toko Kelontong Usai Gabung Mitra Tokopedia

ADVERTISEMENT

Kisah Inspiratif Pemilik Toko Kelontong Usai Gabung Mitra Tokopedia

Sukma Nur Fitriana - detikInet
Rabu, 02 Nov 2022 16:00 WIB
Mitra Tokopedia Apresiasi Pegiat Usaha Lewat Kampanye #SemangatKu4t
Foto: Dok. Tokopedia
Jakarta -

Memasuki usia yang ke-4 tahun, aplikasi Mitra Tokopedia menggelar kampanye bertajuk #SemangatKu4t. Kegiatan ini sebagai apresiasi bagi pegiat usaha tradisional yang telah menggunakan platform tersebut untuk mengembangkan usaha.

"Lewat kampanye ini, Tokopedia mengadakan kompetisi Cerita Kampung Mitra Tokopedia dan telah memilih pemenang yang punya kisah paling inspiratif," jelas Head of New Retail Tokopedia, Karina Susilo dalam keterangan tertulis, Rabu (2/11/2022).

"Selain berjualan, pemenang kompetisi Cerita Kampung Mitra Tokopedia juga membawa dampak bagi lingkungan sekitar. Sebagai bentuk penghargaan, kami akan melakukan renovasi warung atau toko para pemenang agar mereka lebih semangat dalam menjalankan usaha," imbuh Karina.

Kompetisi tersebut telah memilih 2 pegiat usaha, yaitu Marfour Syam di Bogor, Jawa Barat dan Titin Lestari di Medan, Sumatera Utara. Keduanya dinilai berhasil mengembangkan usahanya dengan cerita perjuangan yang menginspirasi.

1. Pemilik Warung Mitra Tokopedia Jual Produk Modal Rp 0

Sejak 2018, Marfour Syam memutuskan untuk membuka Toko Si Kembar menggunakan aplikasi Mitra Tokopedia. Ia menjual berbagai produk digital untuk mencari pendapatan tambahan karena suaminya terpaksa berhenti bekerja. Berkat adanya aplikasi ini, ia mengaku tidak membutuhkan modal untuk memulai usaha.

Produk digital yang dijual dan paling banyak dibeli oleh pelanggannya adalah pulsa telepon, paket data, voucher games, dan token listrik. Dan jika penjualan tersebut memiliki keuntungan lebih, Marfour selalu menggunakannya untuk berdonasi di kegiatan Jumat Berkah di lingkungannya.

"Berkat Mitra Tokopedia, saya tidak perlu mengeluarkan modal untuk mulai berjualan produk digital seperti pulsa atau paket data. Saya juga sangat terbantu dalam mengatur pembukuan dan mencatat utang pelanggan dengan adanya fitur Catat Hutang di aplikasi Mitra Tokopedia. Jika ada keuntungan lebih dari berjualan, saya selalu berbagi rezeki kepada sesama," kata Marfour.

2. Toko Kelontong Mitra Tokopedia Capai Omzet Harian Jutaan

Titin Lestari mendirikan warung Toko Gibran sejak tahun 2017 dan mulai bergabung menggunakan Mitra Tokopedia pada tahun 2019. Ia merasa terbantu dengan aplikasi Mitra Tokopedia ini. Sebab, dengan fitur Grosir yang ada di aplikasi, ia bisa menyetok sembako di warungnya dan fitur Produk Digital bisa digunakan untuk berjualan produk digital, seperti pulsa, token listrik, paket data dan pembayaran tagihan angsuran kredit.

Sejak bergabung menggunakan Mitra Tokopedia, Titin mengaku omzet harian warungnya bisa mencapai jutaan rupiah. Hal ini dua kali lipat dibanding sebelum menggunakan Mitra Tokopedia.

Titin juga mengaku tokonya menjadi lebih ramai pengunjung sejak menggunakan Mitra Tokopedia. Karena itu, ia kerap membantu warga sekitar yang ingin menitipkan barang dagangan.

"Omzet warung saya bisa mencapai jutaan rupiah per hari, meningkat dua kali lipat semenjak pakai aplikasi Mitra Tokopedia. Warung juga jadi lebih ramai, jadi saya bisa bantu warga-yang tidak punya tempat jualan-untuk menitipkan barang dagangan mereka," kata Titin.

Untuk diketahui, Mitra Tokopedia adalah aplikasi bagi pegiat usaha tradisional, seperti pemilik warung, toko kelontong dan usaha sejenis lainnya yang bisa digunakan untuk menyetok barang dagangan fisik maupun digital, seperti pulsa, paket data, token listrik dan masih banyak lagi, secara lebih mudah, murah dan cepat.

(akd/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT