Mimpi Tokopedia Jadi Perusahaan Kelas Dunia

ADVERTISEMENT

Mimpi Tokopedia Jadi Perusahaan Kelas Dunia

Aisyah Kamaliah - detikInet
Kamis, 27 Okt 2022 19:18 WIB
Logo Tokopedia
Mimpi Tokopedia Jadi Organisasi Kelas Dunia (Foto: Tokopedia)
Jakarta -

Segudang pencapaian telah ditorehkan oleh Tokopedia setelah 13 tahun berdiri. Semakin besarnya perusahaan tersebut, Tokopedia ternyata memiliki visi misi menjadi perusahaan kelas dunia. Ada banyak cara yang telah dilakukan Tokopedia untuk mewujudkan mimpi tersebut.

Widjanarko Eko Djatmiko Adi Head of Engineering Tokopedia dalam 'Intel & Tokopedia: Media Briefing', Kamis (27/10/2022), mengatakan ada enam pilar yang dirasa bisa membantu Tokopedia berkembang. Enam pilar itu adalah platform yang lebih kuat, keamanan, inovasi, berbasis data, eksekusi optimal dan membangun orang-orang dengan talenta.

"Kalau tiga aspek, kita bisa bagi ke people, process dan technology. People, kita nggak bisa sendiri. Bukan cuma Tokopedia, tapi organisasi lain di Indonesia juga harus berkelas dunia. Bagaimana caranya, dengan mewujudkan talenta yang mumpuni," ujar pria yang akrab disapa Miko ini.

"Kita punya banyak talenta di Indonesia. Kominfo pun pernah bilang kita kurang sekian juta developer untuk jadi negara yang kuat di sisi teknologi. Kami berpikir orang-orang harus kerjasama, bagaimana bikin platform, saling belajar dan mengajar. Tokopedia Academy, mengundang rekan-rekan dan mitra strategis untuk itu," lanjutnya.

Sedangkan untuk proses, sudah ada best practices yang dibuat Tokopedia. Pedoman itu dipakai untuk menciptakan teknologi yang tepat guna dan fitur yang berkualitas. Lebih lanjut, Tokopedia bersikeras akan bekerjasama dengan banyak mitra untuk mewujudkan teknologi yang semakin maju, beradaptasi dengan zaman yang terus berkembang.

"Kami berusaha berkolaborasi dengan para mitra strategis untuk membangun feature yang bisa membantu masyarakat, mencapai lebih dan mendorong pemulihan ekonomi nasional setelah pandemi. Kami belajar dari Intel dan Google Cloud, belajar bagaimana bangun teknologi tersebut. Ke depannya kami harapkan bisa menjadi organisasi kelas dunia," tandas Miko.



Simak Video "Inisiatif Hyperlocal Tokopedia Dukung UMKM Lokal Jadi Pahlawan Ekonomi Digital"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT