Sinergi Tokopedia-Unilever Indonesia Berdayakan UMKM Perempuan

ADVERTISEMENT

Sinergi Tokopedia-Unilever Indonesia Berdayakan UMKM Perempuan

Atta Kharisma - detikInet
Senin, 31 Okt 2022 14:54 WIB
Tokopedia
Foto: dok. Tokopedia
Jakarta -

Tokopedia melalui Tokopedia Bersama (Beraksi untuk Sesama) berkolaborasi dengan Unilever Indonesia untuk memacu pemberdayaan UMKM perempuan di Banyuwangi dan Jember. Hal ini dilakukan guna memaksimalkan kapasitas potensi dari kelompok masyarakat yang membutuhkan, termasuk kaum perempuan.

Senior Lead Public Affairs Tokopedia Aditia Grasio Nelwan menjelaskan kolaborasi ini merupakan lanjutan dari program pemberdayaan perempuan yang sebelumnya dilakukan Tokopedia bersama Migrant CARE.

"Program pembinaan perempuan purna migran merupakan wujud salah satu pilar kami di Tokopedia Bersama yakni Pemberdayaan Perempuan. Sebagai lanjutan dari program pemberdayaan perempuan antara Tokopedia dengan Migrant CARE, Tokopedia berkolaborasi bersama Unilever Indonesia untuk memberikan edukasi kepada kelompok Desa Peduli Buruh Migran (Desbumi) di Banyuwangi dan Jember," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (31/10/2022).

Kegiatan yang diikuti oleh 50 orang pelaku usaha perempuan lokal di bidang olahan makanan dan minuman, serta kerajinan ini digelar secara luring di Banyuwangi (26/10) dan Jember (27/10).

Lebih lanjut, Aditia menjelaskan kegiatan ini merupakan kelanjutan dari penandatanganan kerja sama Tokopedia dan Unilever Indonesia dalam rangkaian program B20 Indonesia Women in Business Action Council (B20 WiBAC) yang diselenggarakan pada Juli 2022 lalu.

Melalui kerja sama ini, sambungnya, Tokopedia dan Unilever Indonesia berkomitmen untuk melakukan perluasan akses informasi, pendampingan bisnis di era digital dan pelatihan teknis kewirausahaan sebagai bagian dari kontribusi terhadap platform One Global Women Empowerment (OGWE), yang merupakan salah satu inisiatif pada B20 Presidensi Indonesia pada 2022.

TokopediaFoto: dok. Tokopedia

Aditia menambahkan pada kegiatan ini, Tokopedia memberikan edukasi dasar seputar manfaat berjualan online, cara membuka toko di Tokopedia beserta tips membuat tampilan produk yang menarik seperti judul, foto, serta deskripsi produk.

"Harapan kami, melalui kegiatan ini kelompok UMKM perempuan dapat terus beradaptasi dan meningkatkan kapasitasnya dalam kegiatan ekonomi produktif baik secara individu maupun kolektif. Demi terwujudnya misi Tokopedia dalam mendorong pemerataan ekonomi secara digital," ucapnya.

Sementara itu, Equity, Diversity, and Inclusion Lead Unilever Indonesia Foundation Marini Fabiano mengungkapkan pihaknya memiliki visi yang selaras dengan Tokopedia untuk mendorong UMKM perempuan lebih tangguh dan produktif.

"Tokopedia dan Unilever Indonesia memiliki visi yang selaras dengan B20 WiBAC untuk menciptakan kesempatan yang setara bagi pelaku usaha, khususnya bagi UMKM perempuan di seluruh Indonesia. Melalui kegiatan ini, kami mendukung para pelaku usaha perempuan dengan memberikan pelatihan dalam membangun strategi pemasaran dan branding produk yang efektif. Diharapkan langkah ini dapat mendorong UMKM perempuan lebih tangguh dan produktif," jelasnya.

Di sisi lain, Direktur Eksekutif Migrant CARE Wahyu Susilo berharap kolaborasi ini dapat mendukung UMKM perempuan purna migran untuk beradaptasi dan meningkatkan kemampuan dalam mengembangkan bisnisnya.

"Melalui kolaborasi ini kami berharap kelompok UMKM perempuan purna migran dapat terus beradaptasi dan meningkatkan kemampuannya dalam mengembangkan bisnisnya secara online. Sehingga dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas perempuan purna migran Desa Peduli Buruh Migran yang tangguh menjadi wirausahawan dan memiliki bekal kemampuan literasi digital dan pemasaran produk yang baik," pungkasnya.

Sebagai informasi, kolaborasi antara Tokopedia dan Migrant CARE ini telah terjalin sejak 2021 dan aktif melibatkan ratusan penerima manfaat yang tersebar di 10 desa di wilayah Jawa Barat, Jawa Timur dan Jawa Tengah. Tokopedia memfasilitasi program dalam bentuk penyediaan alat produksi dan peralatan lainnya yang sesuai dengan kebutuhan setiap kelompok usaha, serta pelatihan dan pendampingan untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas produksi usaha kelompok perempuan purna migran di tengah pandemi.



Simak Video "Inisiatif Hyperlocal Tokopedia Dukung UMKM Lokal Jadi Pahlawan Ekonomi Digital"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT