Perluas Jangkauan Bisnis dengan Google Maps Platform

ADVERTISEMENT

Perluas Jangkauan Bisnis dengan Google Maps Platform

Sponsored - detikInet
Selasa, 13 Sep 2022 11:58 WIB
Terralogiq
Foto: Terralogiq
Jakarta -

Berbagai bisnis saat ini mulai berintegrasi dengan teknologi digital untuk mengolah data mulai dari merekam transaksi harian, mencatat kehadiran, menyusun strategi dan lainnya. Bahkan, beberapa perusahaan sudah menerapkan AI (Artificial Intelligence) untuk melakukan berbagai hal mulai dari menganalisa data, mengolah, mengedit dokumen secara akurat hingga mengoptimalisasi pengolahan data dalam jumlah masif.

Terralogiq Integrasi Solusi hadir sebagai salah satu pengembang yang mengintegrasikan Google Maps ke dalam aplikasi dan website bisnis untuk mengolah data baik lokasi, pelanggan, alamat, hingga menghitung estimasi waktu dan wawasan lalu lintas lokasi terkait secara real time. Layanan ini membantu perusahaan dalam proses kegiatan marketing, prospecting, dan promosi.

Selain itu, hasil pemetaan dari teknologi Google Maps mempermudah perusahaan dalam menganalisis data lokasi untuk dikonversi guna meningkatkan kualitas pelayanan dan penjualan. Hal ini sangat mempermudah perusahaan dalam mengekspansi jangkauan bisnisnya.

Dengan bantuan teknologi location intelligence, perusahaan dapat menganalisa kompetitor dan kondisi pasar guna meningkatkan volume penjualan. Selain itu, perusahaan juga dapat menentukan lokasi strategis untuk mendukung tingkat penjualan. Untuk itu, perusahaan membutuhkan cara untuk melakukan analisa tersebut, salah satunya dengan metode STP (Segmenting, Target, Positioning).

Segmentation

Segmentation merupakan kegiatan membagi pasar ke dalam kelompok-kelompok kecil berdasarkan karakteristik tertentu. Penerapan segmentasi pasar umumnya memakan waktu yang lama karena membutuhkan riset mendalam. Perusahaan dapat menggunakan fitur location planning untuk menganalisis data lokasi sehingga perencanaan dapat dilakukan secara proaktif.

Targeting

Dalam tahap ini, perusahaan dapat menentukan segmen terbaik yang akan memaksimalkan laju penjualan produk. Terdapat 3 hal yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan target segmentasi, yaitu:

  • Kemudahan akses

  • Profitabilitas

  • Ukuran dan potensi pertumbuhan

Untuk menentukan target ini, perusahaan dapat menggunakan layanan service locator dan geolocate untuk menemukan informasi terkait lokasi dan kondisi geografis lingkungan sekitar. Selain itu, perusahaan dapat menemukan wawasan terkait kondisi terupdate di sekitar lokasi yang sudah ditentukan.

Perusahaan dapat mengukur profitabilitas berdasarkan data-data yang tersedia. Apabila Anda mengalami kesulitan dalam mengolah data, Terralogiq dapat membantu memvisualisasikan data-data tersebut ke dalam format yang mudah dipahami.

Positioning

Positioning merupakan langkah akhir dalam analisa STP. Pada tahap ini, perusahaan dapat menentukan metode terbaik dalam memposisikan produk ataupun brand dalam sasaran segmentasi yang sudah ditetapkan sebelumnya. Perusahaan dapat menggunakan data-data terkait seperti konversi penjualan melalui data peta, analisa kompetitor, data demografi dan data pendukung lainnya yang dapat diakses melalui geospatial analysis.

"Meneliti kondisi pasar secara manual jelas memakan waktu dan biaya yang besar. Dengan location intelligence perusahaan dapat menghemat anggaran riset dan memperoleh data-data akurat yang dapat membantu perusahaan menjangkau target pasar yang lebih spesifik." ujar Head of Sales and Marketing Terralogiq Ricky Caesar Sam dalam keterangan tertulis, Selasa (13/9/2022).

Dengan menggunakan kecerdasan buatan location intelligence, perusahaan dapat memperluas jangkauan bisnis dengan berbagai fitur seperti berikut.

  1. Pemilihan Situs

  • Membuat jejak offline yang menguntungkan

  • Memprediksi pendapatan

  • Mengidentifikasi area kembar (twin area)

  • Memonitor kinerja serta rencana ekspansi

  1. Pemasaran Geografis

  • Mengkategorikan dan menargetkan pangsa pasar

  • Mencari lokasi pelanggan potensial

  • Wawasan atau insight transaksi

  • Mobilitas masyarakat setempat

  1. Pemetaan dalam Ruangan

  • Optimalisasi tata letak dari lokasi yang dihasilkan WiFi, GPS, dan aplikasi lainnya

  • Memaksimalkan efisiensi harga, jam buka hingga waktu operasional

Selama hampir satu dekade terakhir, Terralogiq sebagai Premier Partner Google Maps Platform telah menjadi pemain utama dalam teknologi pemetaan di Indonesia. Memiliki spesialisasi di bidang location intelligence, Terralogiq telah mengembangkan banyak layanan yang menjadi solusi guna membantu berbagai sektor dan industri di Indonesia.

(Content Promotion/Terralogiq)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT