Mengenal Sistem Parkir Canggih Berbasis Kecerdasan Buatan

ADVERTISEMENT

Mengenal Sistem Parkir Canggih Berbasis Kecerdasan Buatan

Anggoro Suryo - detikInet
Minggu, 04 Sep 2022 14:34 WIB
Aplikasi Parkee
Foto: Screenshot
Jakarta -

Parkee, penyedia sistem parkir baru mengakuisisi sebuah startup lokal bernama Alfabeta yang mengembangkan teknologi kecerdasan buatan.

Dengan akuisisi ini, Parkee akan menerapkan sejumlah teknologi canggih dari Alfabeta ke dalam sistem parkir yang mereka miliki. Direktur Utama Centrepark Citra Corpora Charles Richard Oentomo dan Chief Executive Officer (CEO) Alfabeta Taufiq Wibowo sepakat membawa inovasi terbaru dalam sistem perparkiran di Indonesia.

"Kami ingin ciptakan one stop solution untuk klien kami, seperti mall, airport, seaport, jadi mencakup berbagai identifikasi data, baik kendaraan maupun penggunanya. Teknologi ini akan terus berkembang," kata Charles, dalam keterangan yang diterima detikINET.

CEO Alfabeta Taufiq Wibowo menjelaskan bahwa latar belakang kerjasama ini karena Alfabeta memiliki sejumlah teknologi yang siap mendukung Parkee.

"Kami melihat kebutuhan teknologi cukup besar di industri yang sama dengan Parkee, ditambah kami juga punya banyak teknologi, seperti Automatic Number Plate Recognition (ANPR), lalu Vehicle Detection, Counting, & Tracking sampai Object Detection, Counting, & Tracking. Dengan investasi ini, kami berharap Parkee dan Alfabeta bisa growth lagi, bahkan tidak hanya menjawab kebutuhan di tingkat lokal, bahkan dunia," jelas Taufiq, dalam keterangan yang sama.

ANPR adalah teknologi yang mendeteksi plat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) dan mendaftarkan hasilnya secara otomatis ke dalam database pengguna. Sementara Vehicle Detection, Counting, & Tracking ialah teknologi yang mendeteksi jenis kendaraan yang lewat, menghitung jumlahnya, dan melacak jalur yang dilewati.

Sedangkan Object Detection, Counting, & Tracking mendeteksi keberadaan & pergerakan, serta menghitung jumlah objek yang berada di dalam jangkauan kamera.

Teknologi ini diklaim bukan hanya memberi manfaat bagi pengelola gedung, melainkan juga bagi pengguna parkir, yakni keamanan yang optimal. Setiap kendaraan yang masuk akan terdeteksi mulai dari plat nomor, jenis, logo bahkan hingga warna kendaraannya. Sehingga, jika ada upaya merubah nomor plat di area parkir, maka bisa langsung terdeteksi.

"Ketika data diverifikasi dan hasilnya sama, maka sistem itu akan otomatis mempersilakan kendaraan keluar. Jika tidak bisa, maka sistem akan memberi warning alarm dan akan memberitahu security tempat. Jadi pengguna dipastikan bakal merasa aman," tambah Charles.

Apalagi kecanggihan lainnya? Simak di halaman berikutnya>>>



Simak Video "Jokowi Bicara Horor 90 Persen Startup Gagal saat Merintis"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT