Begini Cara Here Technologies Menjaga Privasi Data Pengguna

ADVERTISEMENT

Begini Cara Here Technologies Menjaga Privasi Data Pengguna

Anggoro Suryo - detikInet
Sabtu, 20 Agu 2022 19:19 WIB
Here Technologies
Begini Cara Here Technologies Menjaga Privasi Data Pengguna. Foto: Dok. Here
Jakarta -

Here Technologies punya teknologi andalan untuk menjamin privasi data pengguna platform location intelligence-nya. Bagaimana cara Here Technologies dalam menjaga privasi data pengguna?

Here adalah penyedia platform location intelligence, yang dirancang untuk mendukung industri logistik untuk mengoptimalkan operasional dan proses bisnis.

Sebagai informasi, Here sempat dimiliki oleh Nokia, tepatnya pada 2007 sampai 2015, sebelum akhirnya berpindah tangan ke konsorsium yang berisi perusahaan seperti Volkswagen Group, BMW, Mercedes Benz Group, Intel, Mitsubishi Corporation, dan Nippon Telegraph and Telephone.

Pada umumnya, peta dan kecerdasan lokasi mengarah ke navigasi mobil untuk membantu pengemudi, yang diperlukan baik untuk konsumen individu maupun pebisnis yang membutuhkan layanan pengiriman barang.

Perusahaan yang sudah beroperasi di Asia Tenggara selama kurang lebih 16 tahun ini melihat Indonesia sebagai pasar yang menarik untuk digarap. Terutama karena luasnya Indonesia, dan terbagi menjadi banyak pulau.

Dalam keterangan yang diterima detikINET, Bart Sweerman, SVP Global Services & Support Here Technologies menyebut membuat peta digital berkualitas tinggi adalah hal yang menantang. Setiap tahunnya, kualitas pada platform peta bisa menurun sekitar 15%.

Ia pun mengklaim kalau Here Technologies sudah merancang selama lebih dari 35 tahun, dan mereka juga belajar bagaimana cara menjaga kualitas peta agar tetap baik. Ia pun menjanjikan kalau Here bakal memperhatikan keamanan data perusahaan dan pelanggan mereka, karena pemegang saham awal Here berasal dari Jerman. Hal itu relevan karena menurut Sweerman Jerman punya undang-undang privasi yang kuat.

"Mungkin orang lain melihat ini sebagai kerugian, tetapi kami melihat ini sebagai keuntungan bahwa kami memiliki pemegang saham awal dari Jerman yang kuat. Hal tersebut relevan karena Jerman selalu memiliki undang-undang privasi yang sangat ketat". Ia menyebutkan bahwa di awal setiap platform yang mereka bangun, Here Technologies selalu mengutamakan privasi dan keamanan tertinggi," jelasnya.

Perlindungan privasi ini salah satunya terlihat dalam bentuk manajemen persetujuan sebelum menggunakan platfrom Here. Yaitu pengguna bisa memilih bagaimana data mereka ingin digunakan. Bahkan Here pun punya layanan anonim untuk menyamarkan data pengguna.

"Kami akan mendapat informasi data Anda dari sensor mobil yang Anda pakai, misalnya seperti kecepatan mengemudi, data cuaca, wiper kaca yang bergerak, atau juga prediksi hujan. Dari situ kami bisa membantu memprediksi kecepatan di kota lebih dengan tepat. Ini adalah bagian-bagian informasi yang berharga namun tidak boleh dikaitkan dengan seseorang," kata Sweerman

"Kami akan memastikan ketika kami mempunyai informasi perjalanan seorang pengemudi, kami membaginya menjadi segmen-segmen kecil, dan ID kendaraan akan berubah di setiap segmen sehingga tidak akan mungkin untuk menyusun ulang perjalanan" jelas Bart. Ia juga mengatakan bahwa Here Technologies tidak akan menjual data pengguna. Seluruh susunan IT mereka dibangun dengan berbagai mekanisme agar integritas data selalu aman," tambahnya.

Meski begitu, data pengguna ini sebenarnya tetap berguna untuk kenyamanan pemakaian platform. Misalnya dengan mengenali kebiasaan pengemudi dalam berkendara, mengetahui lokasi atau waktu untuk pergi bekerja atau pulang, maka platform akan bisa menyajikan data yang lebih personal untuk penggunanya.

Namun, Here membolehkan pengguna untuk tak mengizinkan pengumpulan dan pengolahan data tersebut. Sweerman menyebut personalisasi data dan privasi data adalah dua hal yang berbeda, namun bisa berjalan beriringan.



Simak Video "Nokia Rilis Feature Phone 5710 XPressAudio, Ini Spesifikasinya "
[Gambas:Video 20detik]
(asj/agt)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT