Berkat Inovasi Garapan Wilson, OVO Invest Gaet 1 Juta Investor

ADVERTISEMENT

Berkat Inovasi Garapan Wilson, OVO Invest Gaet 1 Juta Investor

Erika Dyah - detikInet
Senin, 15 Agu 2022 18:30 WIB
OVO Invest memiliki misi untuk meningkatkan inklusi finansial, khususnya investor pemula
Senior Product Manager OVO, Wilson Cristian (Foto: detikcom/Erika Dyah)
Jakarta -

Pada awal 2021 lalu, OVO menghadirkan fitur OVO Invest untuk mendorong inklusi investasi di semua kalangan, terutama bagi para milenial. Dalam inovasi ini, ada sosok anak muda yang terlibat dalam mengembangkan fitur pencairan reksa dana secara cepat yang bisa dilakukan dalam hitungan detik saja, yakni Wilson Cristian.

Pria yang lahir 25 tahun silam ini bergabung di OVO pada 2020 lalu sebagai product designer dan kini telah menjabat sebagai Senior Product Manager OVO. Di usianya yang tergolong muda, ia menjadi bagian dari tim inti OVO yang berperan mengemas OVO Invest dari sekadar konsep hingga menjadi produk investasi dengan fitur Pencairan Cepat.

Wilson menjelaskan OVO Invest menghadirkan terobosan pertama di Indonesia yang mengintegrasikan platform e-money dengan platform investasi dalam satu aplikasi. Sehingga pengguna dapat nyaman bertransaksi dan berinvestasi dalam satu aplikasi.

"Kami mendalami permasalahan pengguna untuk mulai berinvestasi, kebingungan tentang cara memulai investasi, juga investasi yang dipersepsikan sebagai sesuatu yang tidak aman, mahal, dan sulit prosesnya," ungkap Wilson kepada media dalam sesi wawancara khusus di ID Tech HQ - Grab di Jakarta, Rabu (10/8/2022).

Ia mengungkapkan OVO Invest memiliki misi untuk meningkatkan inklusi finansial bagi seluruh generasi di Indonesia melalui akses yang luas, khususnya investor pemula agar dapat berinvestasi dengan cepat, aman, dan mudah. Salah satunya lewat 4 keunggulan, antara lain

  1. Informasi transparan, lengkap, dan jelas mengenai produk investasi tepat di laman muka.
  2. Investasi yang terjangkau mulai dari Rp10.000,- saja, serta bebas biaya pembelian dengan opsi pembayaran yang luas.
  3. Akses yang sangat mudah dari satu aplikasi, tidak perlu punya akun bank untuk investasi sehingga prosesnya mudah dan cepat
  4. Fitur real time redemption atau pencairan cepat dalam hitungan detik yang bisa langsung digunakan, tidak perlu menunggu 7 hari kerja untuk pencairan reksa dana.
OVO Invest memiliki misi untuk meningkatkan inklusi finansial, khususnya investor pemulaOVO Invest memiliki misi untuk meningkatkan inklusi finansial, khususnya investor pemula Foto: Erika Dyah/detikcom

Diketahui, dalam 1 tahun pengembangan layanan ini, OVO Invest telah mencatat lebih dari 1 juta investor atau sekitar 15% dari jumlah investor reksadana nasional berdasarkan data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI). OVO Invest juga bekerja sama dengan sejumlah perusahaan investasi ternama serta Bareksa sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang diawasi secara resmi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Lebih lanjut, Wilson mengungkap passion-nya sebagai product manager yang membuatnya semangat mengembangkan layanan di OVO Invest. Ia mengibaratkan perannya sebagai product manager layaknya seorang konduktor di orkestra yang bertugas menyelaraskan alunan pemain musik yang berbeda-beda agar menghasilkan lagu yang indah bagi para pendengar.

"Product manager dianalogikan sebagai pemain musik, sementara pendengarnya adalah konsumen atau pengguna produk. Oleh karena itu, sehari-hari saya terlibat secara intens, mulai perancangan konsep dan strategi produk bekerja sama dengan tim engineering dan desain. Serta mengevaluasi produk secara reguler agar produk lebih baik dan lebih nyaman digunakan pengguna," ungkapnya.

Ia pun berpesan bagi anak muda Indonesia yang memiliki kecintaan dibidang pengembangan produk untuk menerapkan 3 prinsip. Mulai dari memiliki empati ke pengguna agar tahu kebutuhan pengguna produk, memiliki rasa kepemilikan tinggi atas produk yang dibuat, serta mengembangkan skill kolaborasi dan pemecahan masalah yang kompleks.

(akn/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT