PayPal Pernah Punya Mafia, Elon Musk Salah Satu Anggota

ADVERTISEMENT

PayPal Pernah Punya Mafia, Elon Musk Salah Satu Anggota

Fino Yurio Kristo - detikInet
Kamis, 04 Agu 2022 05:44 WIB
Peter Thiel
Peter Thiel, salah satu anggota mafia PayPal. Foto: Unwired
Jakarta -

PayPal adalah layanan keuangan dan pembayaran milik eBay yang baru-baru ini ramai dibahas di Indonesia lantaran sempat diblokir Kominfo. Ada hal menarik dari para pendiri PayPal ini yang membuat mereka sangat terkenal yaitu apa yang disebut sebagai mafia PayPal. Apa itu?

Para pendiri dan pegawai PayPal mungkin sudah tak lagi terlibat di perusahaan itu, terutama semenjak dibeli eBay. Namun banyak di antara mereka jadi jauh lebih sukses dan kaya raya dengan mendirikan beberapa perusahaan teknologi terkenal.

Sebut saja Tesla, SpaceX, LinkedIn, YouTube, Palantir Technologies, Kiva, Yelp sampai Yammer didirikan berkat campur tangan para alumni PayPal. Saking besar pengaruhnya di jagat teknologi, majalah Fortune menjuluki mereka sebagai PayPal Mafia atau mafia PayPal.

Sejarah singkat PayPal adalah berawal dari merger perusahaan Confinity dan X.com di tahun 1999. PayPal kemudian dibeli oleh eBay di tahun 2022. Para pendiri dan karyawan PayPal kesulitan menyesuaikan diri dengan budaya kerja di eBay sehingga banyak yang hengkang.

Dikutip detikINET dari Business Insider, Kamis (4/8/2022) mereka tetap sering berhubungan secara sosial maupun bisnis. Nah, yang dianggap paling menonjol dan bos dari mafia PayPal adalah Peter Thiel, meski dia bukan yang paling kaya.

Usai mendapat bagian uang dari penjualan PayPal ke eBay, dia berinvestasi ke Facebook yang saat itu masih perusahaan kecil. Di kemudian hari, sahamnya itu membuatnya kaya raya karena Facebook menjelma menjadi media sosial terbesar di dunia.

Peter Thiel juga adalah pendiri Palantir Technologies, perusahaan software analitik big data. Berkat kepandaian dan investasi yang jitu, Thiel saat ini adalah salah satu manusia terkaya dunia dengan harta USD 5 miliar menurut Forbes.

Kemudian nama paling terkenal di antara mafia PayPal tentu saja adalah Elon Musk, manusia terkaya di dunia saat ini. Usai kerja dari PayPal, ia sangat sukses membesarkan SpaceX, Tesla dan kemudian juga Neuralink sampai Boring Company. Ia memang mendapat bagian besar dari pembelian eBay karena memegang saham PayPal yang besar juga.

Sosok lain yang mentereng di kalangan mafia PayPal adalah Reid Hoffmann, pendiri LinkedIn. LinkedIn menjelma menjadi media sosial profesional besar dan akhirnya diakuisisi oleh Microsoft.

YouTube juga didirikan 3 orang mantan pegawai dan pendiri PayPal. Mereka adalah Steve Chen, Chad Hurley dan Jawed Karim. YouTube kemudian dibeli dengan mahal oleh Google. Demikianlah, mafia PayPal sangat penting peranannya di jagat teknologi.



Simak Video "Cabut Blokir PayPal Sementara, Kominfo Minta Masyarakat Pindahkan Dana"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT