Blokir PayPal-Steam Sudah Dibuka, Tinggal Epic Games dan Origin

ADVERTISEMENT

Blokir PayPal-Steam Sudah Dibuka, Tinggal Epic Games dan Origin

Agus Tri Haryanto - detikInet
Selasa, 02 Agu 2022 14:44 WIB
Steam
PayPal-Steam Cs Sudah Dinormalisasi, Tinggal Epic Games dan Origin yang Masih Diblokir. Foto: Screenshot
Jakarta -

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memastikan PayPal, Steam, Counter Strike GO, mesin pencarian Yahoo dan Dota sudah dilakukan normalisasi alias dibuka blokirnya. Tinggal Epic Games dan Origin.com yang masih diputus aksesnya.

"PayPal, Steam, CS GO, Dota, dan Yahoo telah dinormalisasi/dibuka aksesnya," ujar Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, Selasa (2/8/2022).

Semuel memaparkan bahwa PayPal telah dibuka sejak Minggu (31/7) pukul 08.00 WIB. Kemudian, Steam, Counter Strike GO, dan Dota yang sama-sama besutan Valve Corp telah dilakukan normalisasi sejak 08.30 WIB pada hari ini, Selasa (2/8).

Begitu juga dengan Yahoo telah dilakukan normalisasi pada pukul dan hari yang sama dengan Steam, Counter Strike GO, dan Dota.

"Dengan demikian masyarakat sudah dapat mengakses ketiga grup PSE tersebut di atas," ucap Semuel.

Sedangkan, Epic Games dan Origin.com masih absen atau belum dibuka blokir oleh Kominfo.

Sebagai informasi, para Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) tersebut tidak mendaftar sebagai PSE Lingkup Privat sesuai batas waktu yang telah ditetapkan oleh Kominfo. Ada 7 PSE Lingkup Privat yang diblokir Pemerintah Indonesia sejak 30 Juli 2022 sebagai sanksi mereka tidak terdaftar.

Pendaftaran PSE Lingkup Privat ini telah diamanatkan Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggara Sistem dan Transaksi Elektronik, serta Peraturan Menteri Kominfo Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat.

Melalui aturan PSE ini bagi perusahaan yang beroperasi secara digital, seperti memiliki situs maupun aplikasi, yang beroperasi di wilayah Indonesia. Kewajiban pendaftaran ini ditujukan, baik perusahaan asing maupun lokal.



Simak Video "Update Kominfo soal Pemblokiran dan Pendaftaran PSE"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT