Akhirnya, Kominfo Nggak Dicuekin PayPal Lagi

ADVERTISEMENT

Akhirnya, Kominfo Nggak Dicuekin PayPal Lagi

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Selasa, 02 Agu 2022 13:20 WIB
PayPal
Akhirnya, Kominfo Nggak Dicuekin PayPal Lagi (Foto: Ardan Adhi Chandra/detikcom)
Jakarta -

PayPal masih dalam proses pendaftaran PSE Lingkup Privat. Sebelumnya, mereka malah cuek dengan Kominfo.

Kabar terbaru seputar pendaftaran PSE Lingkup Privat ini diungkapkan oleh Kominfo. Sejumlah PSE yang kena blokir, kini sudah dinormalisasi per Selasa (8/2/2022) pukul 08.30 WIB.

Mereka adalah Yahoo dan Valve Corp (Steam, CS GO, dan Dota). Adapun PayPal, punya drama yang menyertainya.

Pada Sabtu 30 Juli 2022, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Semuel Abrijani Pangerapan mengungkapkan PayPal tidak merespons surat dari Kominfo. Padahal, PSE sekelas Amazon saja mendaftar jelang batas waktu berakhir.

"Lah ini (PayPal) merespons aja tidak terhadap surat kami. Kan memang semua kami kirim surat," ungkapnya.

Akhirnya, PayPal pun kena blokir Kominfo. Kemkominfo sudah memberikan surat agar PayPal dan lainnya wajib melakukan pendaftaran PSE. Namun, hingga batas akhir pada 29 Juli 2022 pukul 23.59 WIB, PayPal tidak juga melakukan pendaftaran.

Namun kini, PayPal tampaknya luluh. Kominfo mengatakan telah berkomunikasi dengan pihak Paypal. Pihak Paypal telah menyampaikan komitmen untuk melakukan pendaftaran dalam waktu dekat.

"Kami optimistis Paypal akan segera melakukan pendaftaran dalam waktu dekat," kata dia.

Blokir terhadap PayPal mengundang reaksi dari masyarakat. Maklum, ada sejumlah pekerja kreatif yang memakai PayPal untuk pembayaran hasil kerja kreatif mereka.

Protes pun dilancarkan ke Kominfo. Akhirnya Kominfo pun membuka sementara blokir terhadap PayPal untuk 5 hari kerja per Senin kemarin.

Namun jika proses pendaftaran PSE ini memang tuntas. PayPal pun pasti akan dinormalisasi seutuhnya seperti halnya PSE Lingkup Privat yang lainnya.



Simak Video "PayPal Belum Daftar PSE, Kominfo Kontak Kedubes AS"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/agt)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT