Menebak Alasan Sesungguhnya Elon Musk Batal Beli Twitter

ADVERTISEMENT

Menebak Alasan Sesungguhnya Elon Musk Batal Beli Twitter

Fino Yurio Kristo - detikInet
Minggu, 10 Jul 2022 20:00 WIB
People holding mobile phones are silhouetted against a backdrop projected with the Twitter logo in this illustration picture taken in  Warsaw September 27, 2013.   REUTERS/Kacper Pempel/Illustration/File Photo
Ilustrasi Twitter. Foto: Reuters/Kacper Pempel
Jakarta -

Transaksi senilai USD 44 miliar yang ditawarkan Elon Musk untuk membeli Twitter mendadak ia batalkan. Apa sesungguhnya alasan di balik mundurnya Elon Musk dari niat menguasai Twitter?

Memang sudah disebutkan bahwa Elon Musk kecewa karena Twitter seakan tidak transparan dalam membeberkan jumlah akun spam atau bot yang merebak di layanannya. Namun bisa jadi ada alasan yang lain sehingga pria kelahiran Afrika Selatan itu mengurungkan niatnya.

"Elon Musk sudah sepakat di atas kertas terhadap deal ini dan tidak jelas apakah dalam tahap ini dia bisa mundur. Musk harus membuktikan bahwa Twitter telah melanggar kesepakatan mereka," tulis kolumnis teknologi BBC, James Clayton yang dikutip detikINET.

"Ada alasan potensial lain mengapa Musk ingin mundur dari deal itu. Pasar saham para perusahaan teknologi besar turun drastis dalam beberapa bulan terakhir, apa Musk menawarkan terlalu banyak uang?" paparnya.

"Dan kemudian ada imbas merger ini terhadap perusahaan milik Elon Musk yang lain. Harga saham Tesla telah turun secara signifikan sejak dia mengumumkan ketertarikan terhadap Twitter," tambah dia.

Dengan kata lain, Musk mungkin ingin agar Twitter mau menurunkan harga akuisisi hingga di bawah USD 44 miliar lantaran valuasinya semakin turun. Kemudian, mungkin saja dia merasa tidak sanggup mengurus banyak perusahaan, sehingga mengutamakan yang sudah ada seperti Tesla. Harga saham Tesla sendiri mulai naik begitu ada kabar Elon Musk batal membeli Twitter.

Twitter sendiri dipastikan akan memperkarakan Elon Musk ke pengadilan dengan tuntutan agar ia mematuhi kesepakatan akuisisi. Kita lihat saja bagaimana perkembangannya nanti.



Simak Video "Twitter Sebut Elon Musk Sengaja Langgar Perjanjian"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/agt)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT