Ternyata Bill Gates Pernah Selamatkan Apple, Ini Kisahnya - Halaman 2

ADVERTISEMENT

Ternyata Bill Gates Pernah Selamatkan Apple, Ini Kisahnya

Fino Yurio Kristo - detikInet
Minggu, 12 Jun 2022 16:45 WIB
Steve Jobs
Steve Jobs dan Bill Gates muda. Foto: Getty Images

"Ada terlalu banyak orang di Apple dan di ekosistem Apple yang ingin agar Apple menang, Microsoft harus kalah. Dan jelas anda tidak perlu memainkan game semacam itu karena Apple tidak akan mengalahkan Microsoft. Apple tidak harus mengalahkan Microsoft. Apple harus ingat siapa sebenarnya Apple karena mereka telah melupakannya," kata Steve Jobs waktu itu.

Dikutip detikINET dari 9t05Mac, Steve lalu berbicara pada Bill Gates tentang kemungkinan Microsoft berinvestasi ke Apple. Pada akhirnya, Microsoft setuju berinvestasi USD 150 juta ke saham Apple.

Dalam kontrak itu, Microsoft setuju untuk menyediakan software Microsoft Office untuk perangkat Mac. Sebagai gantinya, Internet Explorer menjadi browser default di perangkat-perangkat Apple.

"Bill, terima kasih. Dunia jadi tempat yang lebih baik," ucap Steve setelah pendiri Microsoft itu setuju untuk memberikan investasi tersebut.

Selain itu, Apple setuju menghentikan tuduhan ke Microsoft terkait penjiplakan sistem operasinya. Di sisi lain, kontrak ini disebut salah satu cara bagi Microsoft agar tidak dijatuhi penalti lantaran memonopoli pasar, sekaligus membuatnya tampak sangat kompetitif kala itu.

Investasi dari Microsoft itu dimanfaatkan Steve untuk mengatasi bisnis Mac yang tengah lesu dengan menghasilkan iPod. Setelahnya, lahir iPhone dan iPad yang membuat nama Apple melambung tinggi.

Microsoft sendiri pada saat ini sudah tidak memiliki saham Apple yang dibelinya itu karena mereka sudah menjual semuanya pada tahun 2003.

(fyk/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT