Elon Musk dan Bill Gates Kehilangan Ribuan Triliun, Kenapa?

ADVERTISEMENT

Elon Musk dan Bill Gates Kehilangan Ribuan Triliun, Kenapa?

Fino Yurio Kristo - detikInet
Selasa, 31 Mei 2022 18:20 WIB
CEO, and chief engineer at SpaceX, Elon Musk and his mother, supermodel Maye Musk, arrive for the 2022 Met Gala at the Metropolitan Museum of Art on May 2, 2022, in New York. - The Gala raises money for the Metropolitan Museum of Arts Costume Institute. The Galas 2022 theme is
Elon Musk. Foto: AFP/ANGELA WEISS
Jakarta -

Para pentolan teknologi termasuk Elon Musk, Jeff Bezos, Bill Gates sampai Larry Page semuanya kehilangan begitu banyak uang sehingga total kekayaan mereka menurun. Hal itu terjadi antara Januari sampai bulan Mei ini. Apa penyebab di baliknya?

Menurut data yang disusun oleh Bloomberg Billionaires Index, keempat sosok terkenal itu total menurun kekayaannya senilai tembus USD 140 miliar atau lebih dari Rp 2.000 triliun.

Penyebabnya adalah, harga saham para perusahaan teknologi belakangan anjlok terkait kondisi ekonomi makro yang kurang baik pada saat ini, seperti suku bunga tinggi, naiknya inflasi dan perang antara Rusia dan Ukraina.

Seperti dikutip detikINET dari Economic Times, Elon Musk selaku orang terkaya di dunia hartanya sudah anjlok sekitar USD 46 miliar dalam 5 bulan terakhir, sedangkan pemilik Amazon Jeff Bezos turun lebih dari USD 53 miliar.

Adapun pendiri Microsoft Bill Gates sejak Januari sudah kehilangan sekitar USD 15 miliar. Co founder Google, Larry Page, anjlok pula di kisaran USD 26 miliar.

Penurunan besar yang dialami oleh Elon Musk tak lepas dari performa buruk saham perusahaan kendaraan listrik Tesla di mana harganya sudah turun lebih dari 33% dalam 6 bulan terakhir.

Elon Musk tercatat memillki sekitar 15,6% saham Tesla. Selain Tesla, kekayaannya juga cukup banyak ditopang oleh kepemilikan sahamnya di perusahaan pesawat antariksa yang dikendalikannya, SpaceX, yang saat ini semakin tinggi valuasinya.

Pentolan teknologi lainnya, yaitu pendiri Facebook Mark Zuckerberg juga mengalami nasib yang sama terkait situasi ekonomi yang semakin tidak ramah. Harta kekayaannya diestimasi sudah turun sekitar USD 53 miliar.



Simak Video "Cara Orang-orang Terkaya di Dunia Hadapi 'Hari Kiamat' "
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT