Startup Lagi Diterjang Badai Bisnis, Ada Astra Nih Tawarkan Pembinaan

Startup Lagi Diterjang Badai Bisnis, Ada Astra Nih Tawarkan Pembinaan

Agus Tri Haryanto - detikInet
Jumat, 03 Jun 2022 21:12 WIB
Gedung Astra International
Foto: Dokumentasi Astra International
Jakarta -

Saat kondisi badai menerjang dunia startup, ternyata ada angin segar. Astra International melalui Group Digital Strategy dengan program Astranauts sedang mencari mahasiswa dan startup yang ingin mengembangkan inovasi digital dan teknologi di Indonesia.

Astranauts adalah ajang kompetisi yang ditujukan bagi mahasiswa dan startup yang punya minat terhadap pengembangan inovasi digital dan teknologi. Ada lima tema dilombakan, yaitu future of mobility, future of finance, industry 4.0, sustainability, hingga emerging technology.


"Astranauts punya tujuan melahirkan ide-ide inovatif yang dapat menjawab tantangan bisnis saat ini. Kami berharap Astarnauts juga menciptakan kolaborasi lebih erat lagi antara mahasiswa, startup, dan Astra khususnya," ujar Chief of Group Digital Strategy, Astra International, Paul Soegianto dalam siaran persnya, Jumat (3/6/2022).

Dengan Astranauts, Astra berambisi untuk mempercepat transformasi digital dan mendorong efektifitas proses bisnis dengan inovasi anyar. Selain itu juga memperkuat ekosistem startup Astra dan inisiatif di bidang digital serta teknologi.

"Kami mendukung masyarakat Indonesia untuk menjadi agile, dan tanggap dalam berinovasi dengan beradaptasi dengan memaksimalkan berbagai peluang yang ada di tengah masifnya perkembangan teknologi saat ini," kata Paul.

Pendaftaran Astranauts dibuka mulai 16 Mei hingga 8 Juli 2022. Syarat peserta, yaitu mahasiswa dengan jenjang sarjana, magister, hingga doktoral, dan startup tanah air maupun mancanegara yang sudah memiliki setidaknya Minimum Viable Product (MVP) boleh mendaftar.

Nantinya para peserta yang telah mendaftar akan diseleksi untuk melanjutkan ke tahap preliminary round. Peserta yang lolos di tahap ini bisa mengikuti sesi mentorship eksklusif selama dua minggu dari BCG, McKinsey, Accenture, Dalberg, AT Kearney, EY, Google, Microsoft, AWS, GK-Plug and Play.


Finalis yang terpilih tersebut akan mempersentasikan produk mereka pada demo daya di hadapan dewan juri dan para ahli yang berlangsung pada 26 Agustus 2022. Di pekan yang sama, ada pula Astranauts Week yang memungkinkan masyarakat umum mengikuti serangkaian webinar, workshop, digital showcase, dan career fair.

Adapun total dari lomba startup ini senilai total ratusan juta rupiah untuk para pemenang. Mereka juga berkesempatan berkolaborasi dan bergabung menjadi bagian dari komunitas startup Astrup, serta bekerjasama dengan perusahaan ini.



Simak Video "Hikmah di Tengah Badai PHK Startup Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)