Startup Digital Percepat Laju Perekonomian Indonesia

Startup Digital Percepat Laju Perekonomian Indonesia

ADVERTISEMENT

Startup Digital Percepat Laju Perekonomian Indonesia

Adi Fida Rahman - detikInet
Kamis, 02 Jun 2022 15:42 WIB
Festival Energi Terbarukan [RE]Spark 2022
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berpendapat mengakselerasi transisi energi serta mendorong bisnis berbasis digital dapat meningkatkan perekonomian Indonesia. Karena itu sangat penting kehadiran startup di Tanah Air.

"Dengan adanya dan lebih banyak startup bergabung dalam Festival Energi Terbarukan [RE]Spark dapat mempercepat laju pertumbuhan ekonomi dan terciptanya ekonomi berbasis energi bersih di Indonesia," ujar Sandiaga saat memberi kata sambutan lewat video di acara Festival Energi Terbarukan [RE]Spark 2022, Jakarta, Kamis (2/6/2022).

Lanjut diungkapnya mayoritas kegiatan pariwisata saat ini masih menggunakan bahan bakar fosil dan menyumbang emisi karbon yang cukup tinggi. Dalam mewujudkan Indonesia sebagai pusat ecowisata dunia, Pemerintah Jokowi telah mewujudkan pariwisata ramah lingkungan dengan penerapkan konsep quality and sustainable tourism.

"Lewat berbagai program dan upaya, salah satunya mewujudkan program Carbon Footprint Calculator dan Offsetting (CFCO), Kemenparekraf mengawal program ini dengan semangat inovasi dan kolaborasi, agar dapat diimplementasi secara tepat sasaran dan tempat manfaat," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementrian ESDM, Dadan Kusdiana, menegaskan kalau Indonesia punya lebih dari cukup sumber energi terbarukan.

"Jadi tidak usah khawatir dengan potensinya. Potensinya itu kalau dihitung lima kali lebih besar dari yang akan kita pergunakan di 2060. Jadi itu lebih dari cukup," katanya.

Bahkan sumber daya yang dimiliki Indonesia sangat bervariasi untuk dimanfaatkan secara teknologi, mulai dari angin, Matahari, geotermal, dan saat ini sedang berupaya memanfaatkan energi dari laut. Hebatnya lagi lokasinya tersebar di seluruh Tanah Air.

Festival Energi Terbarukan [RE]Spark 2022Festival Energi Terbarukan [RE]Spark 2022 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

"Jadi jangan terpikir hanya Jawa saja. Kita punya di Papua, di wilayah paling barat Indonesia memiliki sumber panas Bumi, termasuk wilayah paling Selatan, yakni NTT. Itu daerah paling baik dalam pengembangan energi surya, angin dan geotermal," jelas Dadan.

Sedikit informasi Festival Energi Terbarukan [RE]Spark 2022 berlangsung di 2-3 Juni 2022 di Hotel Westin Jakarta. Mengusung tema 'Accelerating Transition and Igniting Innovation', acara ini diselenggarakan untuk mendukung dan mempercepat adopsi energi terbarukan dan inovasi ramah lingkungan.

Rangkaian kegiatan Festival Energi Terbarukan [RE]Spark 2022 meliputi Hackathon, pameran 23 startup memamerkan inovasinya, Investment Speed Dating yang merupakan sesi mempertemukan startup dengan calon investor, serta diskusi interaktif terkait energi terbarukan dalam sesi Workshop dan seminar.



Simak Video "Sandiaga Cukur Gundul: Nggak Ada Lagi Rambut Putih yang Mukanya Berkerut"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT