4 Hal Ini Harus Dimiliki Startup agar Dilirik Investor, Apa Saja?

ADVERTISEMENT

4 Hal Ini Harus Dimiliki Startup agar Dilirik Investor, Apa Saja?

Angga Laraspati - detikInet
Selasa, 11 Jan 2022 14:31 WIB
Ilustrasi Startup
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Startup telah menjadi sebuah entitas bisnis baru yang berkembang seiring dengan kemajuan teknologi. Tak ayal, bisnis startup saat ini tengah dilirik oleh para investor besar.

Namun, investor tidak asal memilih startup untuk mengucurkan dana besar. Mereka punya preferensinya sendiri dalam memilih sebuah startup yang akan dikembangkan. Setidaknya ada beberapa hal yang dilihat oleh investor ke sebuah startup seperti dilansir dari berbagai sumber, apa saja ya?

Membangun Tim yang Tepat

Kunci pertama dalam menarik investor adalah pastikan startup yang kamu miliki dikelilingi oleh orang-orang yang tepat. Dengan mempunyai tim yang mumpuni dan tepat, bukan tidak mungkin investor mulai melirik startup.

Sebab, tim yang hebat mempunyai visi yang baik ke depannya untuk memajukan bisnis. Inilah yang diinginkan oleh investor, yaitu kepastian bisnis dan visi dari startup yang tidak abu-abu.

Fokus kepada Hasil

Ketika sudah punya visi yang jelas, sekarang saatnya untuk fokus kepada hasil dari bisnismu. Di sinilah yang membuat seorang investor akan semakin tertarik dengan kinerja bisnis yang ditawarkan oleh sebuah startup.

Di sisi lain, bagi startup yang baru saja mulai menjual produk software-as-a-service (SaaS), pertimbangkan konsultasi sebagai model bisnis alternatif untuk mengumpulkan dana sebagai upaya meningkatkan produk.

Manfaatkan Jaringan

Bila dirasa sulit untuk mendapatkan investor, cobalah untuk menjual startup yang dimiliki secara soft selling melalui jaringan atau partner yang dimiliki. Jaringan adalah cara yang pasti untuk membuat bisnis startup yang dimiliki diketahui oleh pasar investor.

Bisa juga dengan mengikuti acara networking yaitu sebuah acara yang memberikan seseorang peluang besar bertemu orang lain di industri startup. Bukan tak mungkin akan ada investor yang diam-diam melirik startup yang kamu miliki.

Transparan

Bila sudah mendapatkan sebuah investasi, jangan pernah sekali-kali menutupi laporan keuangan. Bukalah kepada investor dari pengeluaran yang paling kecil hingga paling besar. Transparansi inilah yang dibutuhkan oleh seorang investor.

Terus perbarui laporan keuangan kepada investor secara berkala. Nantinya, kamu bisa mendapatkan timbal balik dari investor dan saat itulah kamu bisa berbicara soal status perusahaan dan tujuan ke depannya akan seperti apa.

Itu tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan sebelum membuka sebuah startup agar nantinya bisa dilirik oleh investor. Memang tidak mudah untuk mendapatkan pendanaan dari venture capital bagi startup.

Apalagi bisnis tersebut belum cukup berkembang. Pasalnya, investor lebih tertarik pada bisnis yang sudah berjalan atau terlihat hasilnya.

Meski begitu, ajang kompetisi menjadi jalan pintas bagi pemenuhan pendanaan startup masa kini. Cara ini bisa didapatkan melalui MM New Ventures Innovation.

Program MM New Ventures Innovation dari Universitas Prasetiya Mulya memfasilitasi kamu yang ingin mendapatkan investor untuk startup lewat kompetisi yang luas.

Mahasiswa didorong secara aktif untuk mengikuti kompetisi, baik internal maupun eksternal kampus. Mahasiswa juga didukung sepenuhnya melalui sesi mentoring khusus dari Faculty Member, akses menuju data, dan jurnal dalam e-library.

Di samping itu, memberikan kesempatan pembelajaran project-based dan memberikan kemudahan penerapan teori dalam pengerjaan cases.

Program ini didedikasikan bagi siapa saja yang memiliki cita-cita membangun bisnis startup atau mereka yang ingin mengembangkan bisnis yang sudah dirintis. Program ini mengajarkan mahasiswa untuk memiliki motivasi bisnis yang berdampak pada masyarakat luas.

*Anda kini bisa cek harga dan perbandingan smartphone terbaru di detikINET. Silakan klik DI SINI.

(akd/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT