Ada Anggota Baru, Ini Daftar Startup Unicorn Indonesia di Akhir 2021

Year In Review 2021

Ada Anggota Baru, Ini Daftar Startup Unicorn Indonesia di Akhir 2021

Agus Tri Haryanto - detikInet
Selasa, 28 Des 2021 12:18 WIB
Dok. Kopi Kenangan
Ada Anggota Baru, Ini Daftar Startup Unicorn Indonesia. Foto: Dok. Kopi Kenangan
Jakarta -

Daftar startup unicorn Indonesia kembali bertambah seiring dengan hadirnya anggota baru, Kopi Kenangan. Lalu, siapa saja startup yang sudah unicorn ini?

Kopi Kenangan baru saja mengumumkan pendanaan seri C Tahap Pertama senilai USD 96 juta atau setara dengan Rp 1,3 triliun. Pendanaan tersebut dipimpin Tybourne Capital Management, dengan partisipasi dari investor yang ada, termasuk Horizons Ventures, Kunlu, B Capital, dan Falcon Edge Capital.

Usai disuntik dana segar dari investor, valuasi perusahaan Kopi Kenangan ini pun telah menembus USD 1 miliar dan menjadikannya startup unicorn Indonesia yang paling anyar.

Adapun gelar unicorn yang disandang Kopi Kenangan ini tidak hanya sebagai startup F&B pertama dari Indonesia, tetapi juga di kawasan Asia Tenggara.

"Saya sangat senang mengumumkan penggalangan dana in yang menempatkan kami sebagai perusahaan F&B ritel baru unicorn pertama di Asia Tenggara," ujar Co-Founder dan CEO Kopi Kenangan, Edward Tirtanata.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengatakan bahwa capaian Kopi Kenangan ini membuat daftar panjang startup yang sudah unicorn di Indonesia.

"Setelah Kopi Kenangan mendapatkan pendanaan tahap pertama senilai Rp1,3 triliun, maka Indonesia telah memiliki 9 Unicorn di Tanah Air," kata Juru Bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi kepada detikINET, Selasa (28/12/2021).

Berikut daftar startup unicorn Indonesia:

  1. Tokopedia
  2. Bukalapak
  3. Traveloka
  4. Ovo
  5. OnlinePajak
  6. J&T Express
  7. Xendit
  8. Ajaib
  9. Kopi Kenangan

Sebenarnya ada satu lagi, yaitu Gojek. Startup yang didirikan oleh Nadiem Makarim Cs ini merupakan yang pertama meraih gelar startup unicorn Indonesia.

Seiring dengan perkembangan bisnis yang dijalani Gojek, perusahaan tersebut sudah menembus level decacorn, yang mana level tersebut satu tingkat di atas unicorn dengan valuasi di atas USD 10 miliar.

Saat ini, Gojek dan Tokopedia membentuk perusahaan bernama GoTo yang menaungi produk Gojek, Tokopedia, hingga GoPay.



Simak Video "Hikmah di Tengah Badai PHK Startup Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)