NextiCorn Cari Project Web3 Lokal Terbaik

ADVERTISEMENT

NextiCorn Cari Project Web3 Lokal Terbaik

Adi Fida Rahman - detikInet
Rabu, 01 Jun 2022 22:40 WIB
Ilustrasi NFT non fungible token
Foto: Getty Images/iStockphoto/Rawf8
Jakarta -

NextiCorn (Next Indonesian Unicorns) dan Tokocrypto mengadakan NXC Web3 Startup Competition. Ajang ini untuk mencari project Web3 lokal terbaik.

Pada NXC Web3 Startup Competition akan dipilih 10 project Web3 asli Indonesia terbaik. Mereka yang terpilih akan diberikan kesempatan untuk tampil di NXC International Summit 2022 di di Nusa Dua, Bali pada 31 Agustus-2 September 2022 mendatang.

Kompetisi ini tidak hanya untuk startup atau perusahaan tetapi juga untuk tim pengembang atau siapapun yang bekerja pada produk atau layanan bisnis komersial yang menggunakan konsep desentralisasi atau teknologi blockchain.

Kompetisi Web3 ini terdiri atas 4 kategori yaitu:
1. DAO - Distributed Autonomous Organizations
2. NFT - Non-fungible Tokens (with utilities or smart contracts)
3. dApps - Decentralized Applications
4. Blockchain - Open ledger using blockchain technology

Selain Chief Summit Officer NXC International Summit 2022,Edward Ismawan Chamdani, VP of TokoLabs Tokocrypto Tigran Adiwirya akan menjadi dewan juri di kompetisi ini. Ada sejumlah kriteria yang harus dipenuhi peserta, yakni:

  • Core team project didominasi oleh warga negara Indonesia
  • Project sudah berjalan minimal 3 bulan
  • Memiliki dan dapat menunjukkan data traction/penggunaan

Registrasi NXC Web3 Startup Competition dibuka hingga 12 Juni 2022 lewat situs nxcsummit.com/web3-competition. Kemudian dilanjutkan dengan proses penjuarian 13-15 Juni 2022. 10 project Web3 asli Indonesia terbaik akan diumumkan pada 18 Juni 2022 mendatang.

Peluang Web3 di Indonesia

Chief Summit Officer NXC International Summit 2022, Edward Ismawan Chamdani, memaparkan Web3 sebagai fase lanjutan internet yang lebih maju yang memberikan kebebasan kepada pengguna dalam mengontrol data mereka sendiri sebagai wujud desentralisasi. Dibangun dalam sistem blockchain, Web3 berpotensi besar mengembangkan pasar digital dengan aset kripto, NFT, dan sebagainya.

Ini terbukti menjanjikan.Mengacu data dari DappRadar, volume perdagangan pasar NFT dunia pada tahun 2021 sebesar USD 23 miliar

Selain itu ada peningkatan 592% pengguna baru yang melakukan transaksi NFT. Jumlah investasi Venture Capitals, selebriti dan brand pada industri blockchain bahkan mencapai USD 27 miliar.

Diyakini Edwarhal ini juga berpotensi besar di Indonesia. Pada Januari hingga Juni 2021 tercatat bahwa lebih dari 6,5 juta penduduk Indonesia melakukan transaksi mata uang kripto dengan total mencapai USD 25 miliar.

Jika dibandingkan pada periode yang sama di tahun sebelumnya hanyalah USD 4,4 miliar, yang berarti terjadi peningkatan yang signifikan hingga 470%. Saat ini, masyarakat Indonesia secara legal dapat memiliki dan memperdagangkan sekitar 229 jenis aset kripto.

"Semua data menunjukkan bahwa pertumbuhan industri web3 di Indonesia luar biasa. Melalui NextICorn dan NXC International Summit 2022, kami percaya bahwa web3 akan menjadi landasan atau launchpad bagi unicorn-unicorn baru dari Indonesia dan ini selaras dengan misi kami untuk mendorong akselerasi industri teknologi Indonesia yang akan melahirkan unicorn-unicorn baru," pungkas Edward.



Simak Video "Kenalkan SALACA, Platform NFT Lokal yang Siap Mendunia"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT