Ramadhan Sebentar Lagi, Tokopedia Bagi Tips Hadapi Lonjakan Pesanan

Ramadhan Sebentar Lagi, Tokopedia Bagi Tips Hadapi Lonjakan Pesanan

Jihaan Khoirunnisa - detikInet
Selasa, 29 Mar 2022 20:24 WIB
Ilustrasi Tokopedia
Foto: Dok. Tokopedia
Jakarta -

Bulan Ramadhan sebentar lagi tiba. Momen ini paling ditunggu-tunggu pelaku usaha terutama seller di e-commerce karena mendatangkan banyak berkah.

Menjelang Ramadhan biasanya terjadi lonjakan penjualan yang cukup pesat, terutama di platform e-commerce seperti Tokopedia. Hal ini mengingat masyarakat memburu berbagai macam kebutuhan sebagai persiapan untuk menyambut datangnya bulan puasa.

AVP of Regional Growth Expansion (RGX) Tokopedia Trian Nugroho mengatakan menjelang Ramadhan tahun ini, pihaknya mencatat adanya kenaikan pada sejumlah kategori produk. Adapun kategori Makanan dan Minuman, Kecantikan, Fesyen, Perawatan Diri, Ibu dan Anak serta Fesyen Anak menjadi yang paling tinggi peningkatan transaksinya.

Sementara itu, Trian pun membagikan tips bagi para pegiat usaha, khususnya UMKM lokal dalam menyiapkan diri, menghadapi lonjakan permintaan menjelang Ramadhan.

1. Gunakan 'Dilayani Tokopedia'

Dia menyarankan seller untuk menggunakan jaringan 'gudang pintar' Dilayani Tokopedia, karena dapat mempermudah logistik antar pulau, sehingga lebih efisien. Menurutnya, layanan ini memungkinkan penjual menitipkan stok produk di wilayah-wilayah dengan permintaan tinggi.

"Melalui Dilayani Tokopedia, penjual bisa memberikan ongkos kirim Rp0 se-Indonesia serta garansi barang tiba maksimal 4 jam untuk pengiriman dalam kota dan 48 jam di berbagai kota lainnya setelah pembayaran," jelas Trian dalam keterangan tertulis, Selasa (29/3/2022).

2. Aktifkan Opsi Pengiriman Khusus Makanan

Dijelaskan Trian, terdapat kenaikan transaksi untuk produk hampers di Tokopedia. Bahkan, peningkatan tersebut mencapai hampir dua kali lipat dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya, dan menjadikan hampers makanan paling populer di Tokopedia.

Untuk itu, Trian mengingatkan para UMKM di sektor kuliner agar mengaktifkan opsi pengiriman khusus untuk makanan ke luar kota. Selain itu pastikan pengemasan produk makanan kedap udara supaya makanan awet dan tetap aman di perjalanan.

Halaman Selanjutnya: Manfaatkan Modal Toko