Tokopedia Tawarkan Layanan Pengiriman Paket Lebih Cepat untuk Penjual

Tokopedia Tawarkan Layanan Pengiriman Paket Lebih Cepat untuk Penjual

ADVERTISEMENT

Tokopedia Tawarkan Layanan Pengiriman Paket Lebih Cepat untuk Penjual

Zefanya Aprilia - detikInet
Jumat, 18 Mar 2022 22:53 WIB
Perusahaan teknologi Indonesia, Tokopedia konsisten membantu masyarakat mendapatkan akses pendanaan untuk memenuhi kebutuhan harian melalui fitur PayLater hingga menjaga kelangsungan usaha lewat Modal Toko. Kedua fitur tesebut bahkan mengalami sejumlah perkembangan yang signifikan sepanjang 2021.
Foto: Dok. Tokopedia
Jakarta -

Tokopedia secara resmi meluncurkan layanan 'Dilayani Tokopedia'. Layanan pemenuhan pesanan yang sebelumnya bernama TokoCabang itu, kini memungkinkan penjual menitipkan produk di 'gudang pintar' pada wilayah dengan permintaan tinggi.

Erwin Dwi Saputra selaku AVP of Fulfillment Tokopedia mengatakan, Dilayani Tokopedia menyediakan bantuan operasional bisnis untuk penjual, mulai dari penerimaan, pengemasan, pengiriman pesanan hingga penanganan jika ada kendala transaksi.

"Pemanfaatan gudang pintar Dilayani Tokopedia juga membantu mendongkrak penjualan. Hal ini terbukti dari data internal yang menunjukkan bahwa penjual yang memanfaatkan layanan Dilayani Tokopedia sukses mengalami peningkatan rata-rata transaksi sebesar hampir dua kali lipat dibanding sebelum menggunakannya," jelas Erwin melalui keterangan tertulisnya, Jumat (18/3/2022).

Erwin mengungkapkan ada lonjakan transaksi layanan fulfillment Tokopedia hampir empat kali dibanding tahun sebelumnya. Lewat Dilayani Tokopedia, ia mengatakan pihaknya akan menghadirkan layanan prioritas untuk para penjual agar meningkatkan daya saing bisnis.

Saat ini, gudang pintar Dilayani Tokopedia tersebar di Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar, Medan, Palembang dan akan melebar ke kota lainnya.

Pembeli bisa mengakses banyak pilihan produk dengan cepat, dan memperoleh ongkos kirim Rp 0 se-Indonesia, serta garansi barang tiba maksimal 4 jam untuk pengiriman dalam kota dan 48 jam di berbagai kota lainnya setelah pembayaran.

"Di 2021, wilayah Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Medan, Semarang dan Yogyakarta menjadi daerah dengan transaksi tertinggi dalam menggunakan layanan gudang pintar kami," pungkasnya.

Sementara itu di Nusa Tenggara Timur, Freddy Wijaya dan Steven Wijaya telah memanfaatkan Dilayani Tokopedia untuk memperluas jangkauan produk mereka yang bernama Pupuk Dinosaurus. Pupuk organik hasil produksi mereka itu bermula dari kepedulian terhadap petani NTT.

Keduanya berniat untuk meningkatkan produktivitas lahan agar pendapatan petani ikut melonjak.

"Kegiatan kami semula bersifat sosial. Kini, produk Pupuk Dinosaurus bisa dijangkau petani di berbagai wilayah, seperti Sumatera, Bogor, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Sulawesi Selatan, Kalimantan Barat, hingga Maluku. Senang sekali rasanya, produk kami bisa membantu petani Indonesia memaksimalkan hasil panen," ujar Freddy.

Pupuk Dinosaurus juga rutin menyediakan berbagai video edukasi melalui kanal media sosial terkait tips dan trik meningkatkan produktivitas serta hasil panen yang lebih berkualitas. Freddy berharap, ilmu serta wawasan yang didapatkan oleh para petani secara gratis bisa menyebar luas.

"Berkat Dilayani Tokopedia, omzet kami meningkat signifikan. Hal ini juga menjadi penyemangat kami untuk terus berkontribusi pada kemajuan sektor pertanian Indonesia," jelasnya.



Simak Video "Inisiatif Hyperlocal Tokopedia Dukung UMKM Lokal Jadi Pahlawan Ekonomi Digital"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT