Tren Belanja Online, Bakal Tetap Ramai Usai Pandemi Berakhir?

ADVERTISEMENT

Tren Belanja Online, Bakal Tetap Ramai Usai Pandemi Berakhir?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 24 Mar 2022 12:55 WIB
Zebra Technologies
Foto: Dok. Zebra Technologies
Jakarta -

Pandemi COVID-19 mengubah kebiasaan belanja untuk sebagian orang. Saat nanti pandemi berakhir, apa tetap bakal belanja online?

Dalam riset berjudul 14th Annual Global Shopper Study yang dilakukan Zebra Technologies, jawaban dari pertanyaan tersebut sedikit terungkap. Riset tersebut mensurvei lebih dari 5.000 pembeli, staf toko dan pembuat keputusan di perusahaan retail di seluruh dunia untuk mengukur opini dan ekspektasi terkait pengalaman belanja saat ini.

Dua pertiga peserta survei tersebut mengaku berencana berbelanja di toko dalam beberapa bulan mendatang, sebagian besar (73%) ingin bisa keluar-masuk toko dengan cepat.

Namun 65% di antaranya masih khawatir dengan kerumunan, dan tidak banyak yang percaya bahwa perusahaan retail bisa mematuhi protokol kesehatan dan keselamatan di toko. Bahkan beberapa di antaranya mengaku tidak ingin pergi ke toko untuk berbelanja.

Hampir tiga perempat (73%) pembeli lebih memilih barang belanjaan mereka dikirim bukannya diambil di toko atau di lokasi lain. Dan lebih dari tiga perempat (77%) mengatakan mereka telah memesan melalui perangkat mobile, dengan lebih dari setengah generasi Boomer memanfaatkan opsi mobile commerce (m-commerce).

Sebanyak 35% generasi Boomer (generasi X) juga mengatakan mereka telah menggunakan aplikasi mobile untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari atau memesan makanan.

Menariknya, pembeli juga mencari tahu harga produk (50%) secara online sebelum mereka keluar rumah. Dan hampir sepertiga memeriksa inventori toko sebelum mereka meninggalkan rumah, jumlah ini meningkat jika dibandingkan tahun 2019 yang hanya mencapai 19%.

Perilaku Belanja Omnichannel Baru Melanda Aktivitas Belanja di Toko

Sebanyak sepertiga konsumen mengatakan bahwa mereka menggunakan perangkat mobile untuk mencari harga yang lebih bersaing atau menelusuri situs web online untuk mencari produk saat mereka ingin berbelanja.

Lebih dari 70% pembeli mengonfirmasi bahwa mereka baru-baru ini meninggalkan toko tanpa mendapatkan barang apapun yang mereka inginkan, dan hampir setengahnya menyatakan bahwa mereka batal melakukan pembelian di toko karena kehabisan stok.

Demikian pula, sebanyak 58% pembeli mengatakan mereka lebih cepat mendapatkan informasi di smartphone daripada meminta bantuan ke staf toko, dan sebagian besar staf toko (64%) setuju.

"Berbagai temuan dalam 14th Global Shopper Study dari Zebra ini telah menyajikan data yang sangat krusial dalam membantu bisnis retail di Indonesia merencanakan strategi bisnis mereka ke depan," kata Eric Ananda, Indonesia Country Manager, Zebra Technologies Asia Pacific, dalam keterangan yang diterima detikINET, Kamis (24/3/2022).

"Sangat penting bagi para pebisnis retail untuk melakukan digitalisasi dengan cepat dan dengan teknologi-teknologi yang tepat seperti scanner CS60, RFID Mobile Reader RFD40, dan mobile computer TC52ax, untuk meningkatkan pengalaman berbelanja dan memenuhi kebutuhan konsumen akan pengalaman belanja yang omnichannel hari-hari ini," tambahnya.



Simak Video "Blibli Store Buka di 3 Tempat, Tawarkan Pengalaman Omnichannel"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT