Para Penjual Terbaik Lazada Berbagi Resep Sukses Jualan Online

Para Penjual Terbaik Lazada Berbagi Resep Sukses Jualan Online

Panji Saputro - detikInet
Rabu, 16 Mar 2022 22:00 WIB
Ini Tips agar Produk Lokal Dapat Bersaing di Pasaran
Ini Tips agar Produk Lokal Dapat Bersaing di Pasaran (Foto: Panji Sapturo/detikINET)
Jakarta -

Lazada Indonesia hari ini menggelar Lazada Annual Seller Awards 2022, untuk pertama kalinya di Tanah Air. Ada penghargaan kepada 12 seller terbaik dari 12 kategori berbeda.

Executive Director Lazada Indonensia, Ferry Kusnowo mengatakan mereka berkomitmen mengembangkan SDM, teknologi dan jaringan logistik untuk mendukung calon pengusaha dan pemilik bisnis di dunia digital. Mereka yakin penjual lokal di eCommerce seperti Lazada bisa menjadi ujung tombak.

"Seluruh penjual di Lazada merupakan bagian penting dari ekosistem eCommerce serta ekonomi digital Indonesia," kata dia di Sheraton Gandaria City, Jakarta, Rabu (16/3/2022) malam.

Violetta Affandi, salah satu penjual produk lokal di Lazada, yang memperoleh penghargaan sebagai Legends Sellers of 2022, membeberkan tips jualan dan bersaing dengan brand lain. Menurutnya, adaptasi terhadap situasi dan kondisi merupakan kuncinya.

"Jadi kalau kita tidak adaptasi, tadinya kita punya toko offline, terus tidak mau bergeser ke digital. Padahal sekarang lebih banyak pembeli yang belanja online daripada offline. Jadi kita tidak bisa mengembangkan brand kita. Bahkan bukan hanya brand, tapi juga tidak ada penghasilan buat usaha dan karyawan kita," ujar Violetta kepada detikINET, di sela-sela acara Lazada Annual Seller Awards 2022.

Yulius Halim, Direktur Flexzone, pemenang penghargaan Green Hero Award, juga mengungkapkan tips agar bisa bersaing dalam bisnis. Ia mengatakan, bahwa sekarang bukan zamannya One for All, tetapi harus melihat para pelanggan.

"Sekarang ini bukan zamannya kita melihat satu model untuk semua orang. Sekarang ini masyarakat sudah cukup terfragmen, masing-masing punya preferensi. Jadi now you're customer," kata Yulius.

Senada dengan kedua orang hebat tersebut, Diky, pemilik Russ & Co, yang menerima penghargaan LazMall of the Year, memiliki tantangannya sendiri bergelut di bisnis fashion pria. Dirinya menyampaikan, bagaimana sebagai brand lokal, harus mampu bersaing dengan produk asing.

"Jadi kita berlomba-lomba, memperbaiki bahan baku, desain, terus harga. Jadi saya berpikir, kalau Russ tuh dapat memiliki kualitas seperti Uniqlo, tetapi harganya setengah lebih murah," ujar Diky.

Karena menurut pemaparannya, Diky yakin bahwa semua produksi barang ekspor dari Indonesia banyak sekali. Oleh sebab itu, ia merasa bisa menjadi brand Tanah Air, yang unggul di negeri sendiri.

"Jadi tips-nya itu aja, jangan gampang menyerah. Karena segala jenis usaha pasti ada tantangan, seperti dihadapkan pandemi. Kita harus adaptasi. Karena digital berkembang sangat cepat. Jadi walaupun umur jalan terus, kita harus muda terus. harus shifting," kata Diky.

Berikut adalah daftar lengkap pemenang Lazada Annual Seller Awards 2022:

  • GLX Sparepart HP: Seller of the Year - Electronic Category
  • Dino Clothing: Seller of the Year - Fashion Category
  • Salwa Baby Wear: Seller of the Year - FMCG Category
  • Amel Shop: Seller of the Year - General Merchandise Category
  • Russ & Co: LazMall of the Year
  • ZM Zaskia Mecca: Local Brand Hero Award
  • Flexzone: Green Hero Award
  • Gift Uni: Rising Star Award
  • Toko Teguh Mas: Golden Sevice Award
  • Nike Indonesia: Jewel in the Crown Award
  • VONA: Legend Seller of 2022
  • Tanada: Lazada University - Best Student Award


Simak Video "Lazada Cetak Generasi Muda Berprestasi Lewat Program After Class by Lazada Foundation"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fay)