Transaksi Bisnis Kategori FMCG di Lazada Naik 6 Kali Lipat

Transaksi Bisnis Kategori FMCG di Lazada Naik 6 Kali Lipat

Jihaan Khoirunnisa - detikInet
Jumat, 11 Mar 2022 16:56 WIB
Lazada
Foto: Dok. Shutterstock
Jakarta -

Memasuki tahun kesepuluhnya hadir di Indonesia, Lazada mencatatkan kenaikan signifikan pada kategori fast moving consumer goods (FMCG). Bahkan, kategori ini naik hingga 6 kali lipat dari sisi penjualan.

Di sisi lain, jumlah konsumen yang membeli pada kategori FMCG juga melonjak hingga 8 kali lipat, dengan peningkatan selling seller yang ikut naik sebesar 10 kali lipat.

"Kami paham kebutuhan konsumen untuk mendapatkan produk-produk kebutuhan harian yang berkualitas dengan harga terbaik dengan mudah," ujar VP FMCG Lazada Indonesia Lia Kurtz dalam keterangan tertulis, Jumat (11/3/2022).

Lebih lanjut, Lia mengatakan pihaknya akan terus menciptakan berbagai inisiatif guna mendorong peningkatan kategori FMCG. Salah satunya dengan menyajikan kanal terkurasi untuk produk-produk kebutuhan harian.

"Selain itu, kami juga memanfaatkan kecerdasan buatan dan sistem algoritma yang sistematis untuk membaca perilaku konsumen, sehingga apa yang kami hadirkan untuk konsumen selalu relevan dengan kebutuhan masing-masing," jelasnya.

Menurut Lia, kategori FMCG di Lazada memiliki deretan produk yang difokuskan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang berbeda-beda. Di antaranya keperluan dapur, kebutuhan ibu dan anak, kebutuhan perawatan diri, kecantikan dan kesehatan, permainan, perlengkapan rumah tangga dan hewan peliharaan, serta musik dan buku.

Lebih lanjut, dia pun merinci sejumlah inisiatif yang telah dilakukan Lazada dalam memenuhi kebutuhan konsumen, khususnya pada kategori FMCG.

1. Kanal Khusus Kecantikan: Beauty World

Kanal Beauty World Lazada menyediakan produk terkurasi dari brand lokal maupun internasional, yang kemudian dikelompokan berdasarkan kategori dan harga. Sehingga memudahkan konsumen dalam mencari produk kesayangan mereka. Misalnya saja kategori 'makeup di bawah Rp 99.000' atau 'skincare di bawah Rp 200.000'.

2. LazMall dan LazMall Prestige

Berdasarkan data Kantar World Panel, konsumen kelas atas dan menengah mendominasi pasar FMCG di ranah online, terutama untuk segmen personal care. Sejalan dengan insight tersebut, Lia mengatakan pihaknya juga menghadirkan LazMall dan LazMall Prestige. Keduanya merupakan kanal yang diperuntukkan khusus untuk produk terkurasi dari berbagai brand dengan jaminan 100% keaslian produk dari berbagai kategori.

Khusus untuk FMCG, kanal LazMall Prestige memungkinkan konsumen untuk mendapatkan brand premium favorit dengan lebih mudah dan nyaman.

3. Toko Kategori (Category Store)

Dijelaskan Lia, category store dikelola langsung oleh Lazada. Inisiatif ini dinilainya menjadi one stop shopping solution. Sehingga konsumen bisa berbelanja dengan lebih praktis, dengan biaya ongkos kirim yang ringan.

Diketahui saat ini Lazada memiliki dua category store yaitu Lazada Daily Store, yang menyediakan perlengkapan rumah tangga sehari-hari, dan Lazada Baby and Kids Flagship Store untuk memenuhi seluruh kebutuhan Ibu dan anak dari usia 0-12 tahun.

Dalam mengoperasikan keduanya, Lia menyebut pihaknya turut menggandeng puluhan brand favorit dari masing-masing kategori untuk menyediakan produk-produk yang sering dicari oleh konsumen.

Lia berharap hadirnya berbagai inisiatif ini dapat mempermudah konsumen, terutama pelanggan setia Lazada, serta memaksimalkan kenyamanan dalam berbelanja kebutuhan produk sehari-hari.

"Di tahun kesepuluh Lazada bersama dengan masyarakat Indonesia, kami berharap kita semua bisa menjadi pahlawan ekonomi digital yang bertumbuh dan bersama-sama mempercepat pemulihan perekonomian nasional serta membangun Indonesia. Melalui serangkaian inovasi dan inisiatif yang kami hadirkan, kami berharap Lazada bisa terus menjadi teman setia bagi konsumen di Indonesia dengan memberikan kemudahan pemenuhan kebutuhan sehari-hari lewat kanal-kanal terkurasi yang bermanfaat dan relevan untuk keseharian masyarakat Indonesia," tandasnya.

(ads/ads)