Ini Dia Cara Perlindungan Data untuk Solusi Keuangan Digital

Ini Dia Cara Perlindungan Data untuk Solusi Keuangan Digital

Agus Tri Haryanto - detikInet
Selasa, 22 Mar 2022 11:49 WIB
social media, closeup of hands holding smartphone in cafe, banking online, businessman with mobile internet
Foto: Getty Images/iStockphoto/anyaberkut
Jakarta -

Vici Score, perusahaan financial and technology (fintech) berkolaborasi dengan Akar Inti Data dalam penyediaan data yang diperlukan dalam analisis Innovative Credit Scoring.

Kehadiran credit scoring dinilai penting dalam perkembangan inovasi keuangan digital yang saat ini sedang berkembang.

Credit scoring melakukan analisis menggunakan data yang bersumber dan dilaporkan lembaga finansial, terkait transaksi yang dilakukan oleh nasabah, baik itu tabungan, pinjaman, pembayaran, maupun kredit perumahan.

Credit scoring merupakan proses analisis data terkait finansial calon nasabah untuk menentukan tingkat kelayakan kredit untuk mendapatkan akses produk, seperti pinjaman, Kredit Tanpa Anggunan (KTA), Kredit Pemilikan Rumah (KPR), kartu kredit, dan lainnya.

Akar Inti Data merupakan perusahaan data startup yang dapat memfasilitasi pertukaran data privasi yang aman, serta menawarkan advanced analytic as a service untuk penggunaan dan pertumbuhan, serta optimalisasi biaya.

Platform Akar Inti Data sesuai dengan peraturan privasi OJK dan BI dan mengantongi standar untuk melindungi data yang digunakan dari pencurian data melalui kepatuhan terhadap Payment Card Industry (PCI) Data Security Standar (DSS).

Selain itu, Akar Inti Data juga memiliki sistem manajemen keamanan informasi yang berstandar internasional ISO 27001 dan GDPR.

"Dengan menggabungkan data internal dengan data eksternal perusahaan dari industri yang berbeda, kami yakin dapat memberi lebih banyak insight yang tepat dan akurat mengenai perilaku konsumen," ujar Founder dan CEO Akar Inti Data, Subianto, dalam keterangannya, Selasa (22/3/2022).

Dengan kolaborasi ini, Vici Score akan semakin dekat dalam mewujudkan visinya, yaitu menjadi perusahaan scoring paling akurat di tanah air yang dapat turut membantu perekonomian Indonesia.

Sebagai informasi, Vici Score juga merupakan perusahaan scoring pertama yang terhubung dengan platform bersama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri.

"Kerja sama ini menjadi pencapaian penting dalam membantu proses scoring dengan data yang aman, baik dari segi keamanan dan privasi," pungkas Direktur Utama Vici Score, Rony Tanrim.



Simak Video "Hikmah di Tengah Badai PHK Startup Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)