8 Tahun Perjalanan SiCepat Ekspres, Bikin Terobosan dan Bangun UMKM

ADVERTISEMENT

8 Tahun Perjalanan SiCepat Ekspres, Bikin Terobosan dan Bangun UMKM

Aisyah Kamaliah - detikInet
Kamis, 10 Mar 2022 21:50 WIB
Pemerintah akan mensubsidi ongkos kirim belanja online saat Harbolnas Ramadhan. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mendorong daya beli masyarakat.
8 Tahun Perjalanan SiCepat Ekspres, Terobosan dan Misi Bangun UMKM. (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

SiCepat Ekspres menjadi salah satu perusahaan dengan layanan luas mencakup pergudangan dan pemenuhan, logistik jarak menengah dan distribusi online. Tidak terasa, setelah berdiri sejak tahun 2014, SiCepat berkembang hingga mendapatkan jangkauan ke seluruh pelosok Indonesia.

Selama delapan tahun, tentu banyak hal yang berkembang dan berubah. The Kim Hai, CEO SiCepat Ekspres Indonesia mengatakan kepada detikINET, Kamis (10/2/2022) tentang pencapaian SiCepat Ekspres dari awal hingga memiliki lebih dari 1.500 gerai, 149 PUDO dan 54 sortation yang tersebar.

"SiCepat Ekspres telah berkembang sangat pesat sejak didirikan pada tahun 2014," ucap Kim Hai.

"Selama 2021 saja, SiCepat telah mengirimkan hingga lebih dari 2,8 juta paket per hari dan mencatat growth y-o-y hingga 93% dibandingkan 2020. Sedangkan untuk tahun ini, kami optimis dapat mencetak peningkatan volume pengiriman dengan target pertumbuhan sebesar 32% dibandingkan dengan tahun lalu," sambungnya.

Usaha Menjadi Perusahaan Teknologi Terbesar di ASEAN

SiCepat mengemban visi menjadi perusahaan ekspedisi nasional terbesar di Asia. Tak hanya itu, SiCepat diam-diam juga bermimpi menjadi perusahaan teknologi terbesar di Asia Tenggara. Bukan sekadar impian kata Kim Hai menekankan, sudah ada beberapa inovasi yang dilakukan untuk memenuhi visi tersebut.

Salah satunya adalah dengan menghadirkan Super Apps di mana pelanggan menjadi terintegrasi dalam satu genggaman dan memberikan kemudahan untuk pelanggan. Dari Super Apps, customer dapat melakukan berbagai hal di antaranya request pick up, voucher gratis ongkir, cek ongkir, tracing paket sampai berdonasi. Bisa dibilang, Super Apps adalah satu paket lengkap yang disediakan SiCepat.

Kim Hai juga menyampaikan bahwa SiCepat Ekspres memiliki harapan untuk membangun bisnis yang menggunakan energi bersih. Terlebih di tengah isu climate change atau perubahan iklim yang makin santer akhir-akhir ini.

"SiCepat Ekspres di tahun 2022 ini sedang melakukan terobosan dengan mulai bermigrasi ke kendaraan listrik yang lebih ramah lingkungan. Berkolaborasi dengan Volta, SiCepat di tahun 2021 lalu telah bekerja sama untuk menyediakan 10.000 unit motor volta yang digunakan oleh rekan-rekan kurir di lapangan," jabarnya.

Halaman selanjutnya: Misi membangun UMKM >>>

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT