Digempur Pandemi, Ini Cara UKM Naik Kelas dan Raup Cuan

Digempur Pandemi, Ini Cara UKM Naik Kelas dan Raup Cuan

Agus Tri Haryanto - detikInet
Minggu, 27 Feb 2022 16:45 WIB
Teknologi self-checkout memungkinkan pelanggan untuk melakukan pembayaran barang melalui HP demi mengurangi risiko penyebaran COVID-19 di masa Pandemi.
Ilustrasi Foto: Dok. IUIGA
Jakarta -

Para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) dapat memanfaatkan teknologi guna beradaptasi di era digital dan berpotensi mendapatkan cuan, terutama di masa pandemi.

Ketika virus Corona (COVID-19) merebak, sektor yang sangat terpukul adanya pandemi adalah mereka yang menjalankan UKM, hal itu yang menggerek turunnya perekonomian nasional. Mengingat jumlah UKM di RI sangat banyak menyerap tenaga kerja.

Dalam kacamata optimis, pandemi memberikan waktu bagu UKM berhenti sejenak untuk belajar, memastikan setiap orang mengembangkan dengan benar dan setiap orang memiliki kompetensi yang baik, sehingga situasi membaik, perusahaan menjadi paling siap di pasar.

HR Path melalui kehadiran Nubo akan membantu memperluas dan meningkatkan daya saing usaha dengan mengintegrasikan proses bisnis.

Perlu diketahui, tidak banyak sistem ERP SDM yang dapat menangani kebutuhan bisnis yang sedang berkembang. Beberapa masalah kritis yang dihadapi UKM, seperti keterbatasan dana dan kemampuan organisasi untuk teknologi informasi.

"Nubo dari HR Path membantu mempersiapkan human capital UKM dengan baik, membuat UKM naik kelas menjadi perusahaan enterprises. Human Capital Management (HCM) penting, sebab bisnis tumbuh karnea orang, bukan karena mesin," ujar Regional Manager & Director HR Path Indonesia, Andi Wibisono dalam siaran persnya.

Melalui Nubo, HR Path memberikan solusi mencakup pra-konfigurasi, standarisasi, dan HRIS yang siap pakai. Nubo akan membantu departemen SDM mengenali potensi strategis yang mereka miliki untuk meningkatkan nilai dan hasil usaha.

Beberapa faktor yang membuat Nubo diklaim efektif, berkat adanya kemampuan untuk menggunakan sistem ERP SDM berkelas, yaitu SucessFactors.

Sebagai informasi, SAP SucessFactors adalah penyediaan cloud human experience mangament (HXM) terkemuka di dunia. HXM ini istilah baru untuk HCM yang lebih berfokus pada orang, yang memungkinkan UKM memberikan pengalaman kepada karyawan mereka untuk mengenali nilai individual dan secara konsisten memotivasi mereka untuk mencapai kinerja terbaik.

Selain itu, Nubo juga dinilai terukur dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Pelaku UKM dapat dengan cepat menggunakan modul SAP SuccessFactors berstandar industri yang telah dikonfigurasi sebelumnya.

"Pendekatan best practies memungkinkan time-to-value Nubo lebih pendek, yang biasanya adopsi membutuhkan waktu rata-rata empat bulan menjadi hanya modelling empat pekan. HR Path mengubah modelling-nya untuk UKM dengan waktu lebih pendek dan harga lebih terjangkau," pungkas Andi.



Simak Video "Menkop UKM Sebut Tahun 2030 Lapangan Pekerjaan Berubah Signifikan!"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/agt)