Ini Bukti Startup 'Sehat' Saat Digempur Pandemi

Ini Bukti Startup 'Sehat' Saat Digempur Pandemi

Agus Tri Haryanto - detikInet
Minggu, 06 Feb 2022 08:50 WIB
Ilustrasi Startup
Ilustrasi startup yang mampu bertahan menghadapi tantangan pandemi COVID-19. Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Pandemi virus Corona (COVID-19) yang kemudian berkembang dengan hadirnya varian, seperti delta dan omicron, memberikan tantangan kepada perusahaan rintisan alias startup. Ini ciri startup yang tetap sehat meski digembur pandemi.

Fox Logger, yang merupakan startup penyedia layanan GPS tracker kendaraan ini mengungkapkan dalam kondisi pandemi, startup mesti bisa menjalankan strategi yang jitu.

Di antaranya dalam hal penjualan dan pemasaran produk-produk yang dilakukan secara digital. Jurus ini pula yang dipakai Fox Logger.

"Kami melakukan kampanye pemasaran melalui platform digital seperti di Facebook dan Google Ads secara masif dengan membuat konten yang disesuaikan dengan tren yang sedang berlangsung," ujar CEO Fox Logger, Alamsyah Cheung dalam siaran persnya.

Selain dari sisi pemasaran, Alamsyah juga memberikan perhatian kepada divisi rancang bangun, serta layanan purna jual. Hal itu guna meningkatkan kualitas platform dan kecerdasan buatan yang akan memanjakan banyak konsumen.

Otomatisasi layanan berbasis aplikasi yang di mana hal itu juga akan meningkatkan pula pelayanan kepada pelanggan, baik itu konsumen individu maupun korporat.

Fox Logger, startup penyedia layanan GPS tracker kendaraan bermotor.Fox Logger, startup penyedia layanan GPS tracker kendaraan bermotor. Foto: Fox Logger

"Kami juga melakukan peningkatan kualitas dari anggota tim yang ada melalui pelatihan-pelatihan reguler, selain merekrut anggota tim yang sesuai dengan kebutuhan dan berkualitas," tuturnya.

Strategi di atas ini yang dipakai Fox Logger dalam menghadapi tantangan di masa pandemi. Pada 2020, Fox Logger penjualan produknya mencapai 7.000 unit per bulannya, yang kemudian melonjak drastis per bulannya di tahun berikutnya.

"Dan yang membuat saya bersyukur, meskipun ada penyesuaian gaji, tidak ada satu pun anggota kami yang dirumahkan atau pemotongan gaji hingga sekarang," kata Alamsyah.

"Saya pribadi selalu percaya bahwa hambatan tidaklah selalu membawa dampak negatif. Hambatan sering kali memicu mengeluarkan terbaik yang dimiliki," sambungnya.

Saat ini, Fox Logger menguasai pangsa pasar GPS tracker di Indonesia dan menjadi pionir dalam layanan one stop solution, baik perorangan maupun korporat.

Para pengguna diberikan kemudahan layanan sejak pemasangan hingga pemanfaatan dalam memantau dan melacak keberadaan kendaraan atau aset bergerak lainnya. Akurasi ini yang ditawarkan Fox Logger dalam mendukung produktivitas, efektivitas, serta efisiensi yang dibutuhkan konsumen.



Simak Video "20 Perusahaan Startup di Dunia yang PHK Karyawan Besar-besaran"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)