Kisah Jeff Bezos Danai Startup di Indonesia

Kisah Jeff Bezos Danai Startup di Indonesia

Aisyah Kamaliah - detikInet
Jumat, 28 Jan 2022 22:36 WIB
Harta Jeff Bezos
Kisah Jeff Bezos Danai Startup di Indonesia. Foto: The Richest
Jakarta -

Miliarder Jeff Bezos memberikan suntikan dana untuk startup yang dibangun milenial Indonesia. Ini menjadi investasi pertama Founder Amazon pada e-commerce Asia Tenggara. Inilah ceritanya.

Unicorn yang diberi dana ini baru berusia kurang dari dua tahun, namanya adalah Ula. Salah satu pendirinya adalah mantan karyawan Bezos.

"Sangat beruntung dan momen fan boy yang luar biasa bagi saya," CEO Ula Nipun Mehra (40) mengatakan kepada CNBC Make It ketika ditanya soal pendanaan itu, seperti dilansir Jumat (28/1/2022).

Didirikan pada Januari 2020 oleh CEO Mehra, perusahaan ini telah berkembang pesat di bawah pergeseran yang disebabkan oleh pandemi ke digital. Sejauh ini, mereka mengumpulkan lebih dari USD 117 juta atau sekitar Rp 1,6 triliun dalam pendanaan dari nama-nama besar seperti Tencent dan Lightspeed Venture Partners.

Salah satunya adalah Bezos Expeditions yang menginvestasikan sejumlah besar dana yang tidak diungkapkan. Bezos memutuskan untuk menaruh dana di Ula setelah salah satu pendukung awal start-up memberi tahu dia tentang startup tersebut.

Meskipun Mehra belum pernah bertemu dengan pendiri miliarder itu, dia bekerja di bawahnya sebagai insinyur perangkat lunak di kantor pusat Amazon di Seattle sebelum bergabung dengan raksasa e-commerce Flipkart di negara asalnya, India.

Seperti Bezos, Mehra juga ingin menjadi pengusaha. Namun baru bertahun-tahun kemudian, saat bekerja sebagai investor di Sequoia India, ia melihat peluang untuk mengadaptasi model e-commerce tradisional untuk pasar baru yakni kios makanan kecil di Indonesia.

Mehra mulai mengontak teman-teman yang bekerja di ecommerce untuk membantunya mewujudkan visinya tersebut. Ada mantan koleganya dari Amazon, Alan Wong, Riky Tenggara dari Lazada, dan eksekutif Procter & Gamble Derry Sakti yang kemudian melengkapi tim founder.

"Kami telah mempelajari semua hal ini di Amazon, kami telah mempelajari semua hal ini di sekolah bisnis. Bagaimana kita membawa sebagian dari itu ke dalam smartphone kecil ini dan membantu mereka berdua menghasilkan lebih banyak uang serta menghemat lebih banyak uang," tandasnya.

*Anda kini bisa cek harga dan perbandingan smartphone terbaru di detikINET. Silakan klik DI SINI.



Simak Video "Mengintip Properti Baru Jeff Bezos di Pulau Maui Hawaii"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)