Selama 2021, 3 Kota Ini Catat Pertumbuhan UMKM Tertinggi di Tokopedia

Selama 2021, 3 Kota Ini Catat Pertumbuhan UMKM Tertinggi di Tokopedia

Nada Zeitalini - detikInet
Jumat, 28 Jan 2022 08:49 WIB
Logo Tokopedia
Foto: Dok. Tokopedia
Jakarta -

Antusiasme masyarakat mendukung pegiat usaha di Indonesia, khususnya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lokal melalui platform Tokopedia semakin meningkat. Diketahui pada tahun 2021 ada 3 Kota dengan peningkatan UMKM tertinggi di Tokopedia.

"Denpasar, Makassar, dan Palembang menjadi daerah dengan peningkatan tertinggi jumlah penjual selama 2021 dibandingkan 2020," ujar Head of Regional Growth Expansion (RGX) Tokopedia Trian Nugroho dalam keterangan tertulis, Jumat (28/1/2022).

Ada pun, pada platform Tokopedia transaksi rata-rata UMKM di Denpasar, Makassar, dan Palembang meningkat mulai dari 1,5 sampai dengan 3 kali lipat. Berikut peningkatan transaksi UMKM 3 kota tersebut di Tokopedia:

1. Denpasar

Di Denpasar, transaksi rata-rata UMKM meningkat 1,5 Kali Lipat dari tahun sebelumnya. Di kota ini, jenis UMKM produk kecantikan, makanan, minuman, kesehatan, dan perawatan diri merupakan paling laris selama tahun 2021.

Salah satu UMKM di Denpasar yang melebarkan pasarnya melalui platform Tokopedia adalah Leole Bali UMKM yang menjual kerajinan khas Bali ini menilai Tokopedia menjadi harapan baru di tengah pandemi. Sejak mengikuti berbagai kampanye di Tokopedia, salah satunya Home Living SALEbrations, omzet Leole Bali perlahan naik hingga 70% dari omzet sebelum masa pandemi dan bahkan sudah kembali merekrut karyawan.

2. Makassar

Tokopedia mencatat kenaikan transaksi rata-rata UMKM di Kota Makassar meningkat dua kali lipat di tahun 2021 dari tahun sebelumnya. Produk-produk seperti makanan dan minuman, perlengkapan ibu dan anak, fashion anak, serta produk kecantikan menjadi kategori yang paling tinggi diminati di Makassar selama 2021.

Roemah Sajoer Makassar merupakan salah satu UMKM asal Makassar yang merasakan peningkatan omzet berkat bantuan platform Tokopedia. UMKM ini bahkan mengalami peningkatan omzet hingga 8x lipat sepanjang 2021. Menurutnya, pemanfaatan platform digital seperti Tokopedia membantu menjangkau masyarakat di seluruh Indonesia dengan lebih efisien.

3. Palembang

Beralih ke Palembang, UMKM di kota ini juga tercatat mengalami peningkatan transaksi melalui Tokopedia sepanjang tahun 2021 lebih dari tiga kali lipat. Kategori yang mengalami peningkatan transaksi adalah produk ibu dan anak, fashion, rumah tangga, kesehatan, dan perawatan diri.

UMKM Palembang Pempek Cek Dung menjadi salah satu yang merasakan peningkatan omzet puluhan juta selama memanfaatkan Tokopedia di tengah pandemi. UMKM Pempek Cek Dung juga mengikuti berbagai pelatihan yang diadakan Tokopedia untuk memaksimalkan penjualan.

Berbagai program menarik kerjasama UMKM di platform Tokopedia merupakan inisiatif Hyperlocal Tokopedia yang diusung selama 2021. Tujuannya untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat. Sehingga UMKM lokal di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh. Salah satu contoh program turunan inisiatif Hyperlocal yaitu Waktu Indonesia Belanja (WIB) Lokal, Kumpulan Toko Pilihan (KTP), Bangga Buatan Indonesia dan masih banyak lainnya.

Selain itu, ada pula Digitalisasi Pasar Tradisional yang merupakan kerjasama Tokopedia dengan pemerintah dalam mendigitalisasi pasar tradisional di berbagai kota. Contohnya, ada Pasar Pa'baeng-baeng Timur dan Pasar Kampung Baru di Makassar.

"Ke depannya, kami akan terus gencar berkolaborasi dengan mitra strategis agar UMKM lokal konsisten menemukan momentum di tengah pandemi untuk meraja di negeri sendiri," tutup Trian.



Simak Video "Tokopedia: E-commerce Favorit Belanja Produk Lokal"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)