Samsung Pakai Strategi 'Tiger' untuk Hadapi Apple di Tahun 2022

CES 2022

Samsung Pakai Strategi 'Tiger' untuk Hadapi Apple di Tahun 2022

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 07 Jan 2022 16:45 WIB
 on January 12, 2017 in Seoul, South Korea. The independent counsel team investigating the peddling scandal involving South Korean President Park Geun-hye and her confidant Choi Soon-sil summoned Samsung Group Vice Chairman Lee Jae-yong for questioning on charges of perjury as he allegedly lied about the money Samsung donated to Choi through multiple channels in the parliamentary hearings last month.
Samsung Pakai Strategi 'Tiger' untuk Hadapi Apple di Tahun 2022 Foto: Chung Sung-Jun/Getty Images
Jakarta -

Samsung saat ini merupakan vendor ponsel terbesar kedua di Amerika Utara yang saat ini dikuasai oleh Apple. Vendor asal Korea Selatan ini rupanya sudah menyiapkan strategi untuk melawan Apple di kandangnya.

The Korea Herald melaporkan 40 petinggi Samsung bertemu di Las Vegas beberapa hari sebelum gelaran CES 2022 untuk membicarakan strategi smartphone tahun ini. Rapat tertutup ini dihadiri oleh Vice Chairman Samsung Electronics Han Jong-hee, Head of Samsung Mobile Experience Roh Tae-moon, dan COO divisi SET Park Hark-kyu.

Strategi ini bahkan memiliki singkatan yang mengikuti kata 'Tiger' atau macan. Cukup tepat mengingat tahun 2022 adalah tahun macan air berdasarkan kalender China.

Dalam rapat internal tersebut, memutar klip video dengan background suara macan untuk semakin menekankan strategi barunya. Akronim 'Tiger' sendiri memiliki kepanjangan sebagai berikut:

- True No.1 in all product categories (nomor satu di semua kategori product)

- Improving the flagship market share for devices selling at over $600 ( meningkatkan pangsa pasar flagship untuk perangkat dengan harga di atas USD 600)

- Narrowing the Gap between Apple (memperkecil ketinggalan dengan Apple)

- Expanding further horizontally with products like wireless earbuds (ekspansi lebih jauh secara horizontal dengan produk seperti wireless earbuds)

- Achieving a Record year by reaching and exceeding the targets (memenuhi rekor tahunan dengan mencapai dan melampaui target)

Roh mengatakan visi Samsung untuk departemen mobile-nya akan bergeser, dari produsen ponsel menjadi perusahaan perangkat intelijen.

"Kami tidak akan menjadi brand teknologi, tapi brand yang dicintai oleh generasi muda, menyediakan pengalaman yang inovatif," kata Roh, seperti dikutip dari Android Authority, Jumat (7/1/2022).

Menurut Korea Herald, strategi baru Samsung untuk menguasai pasar flagship di Amerika Utara adalah respons dari mengecilnya porsi mereka di pasar low-end yang dikuasai oleh vendor asal China seperti Xiaomi dan Oppo.

Pangsa pasar Samsung di Amerika Utara meningkat 5% YoY dan semakin memepet posisi Apple di puncak. Pada Q3 2021, pangsa pasar Samsung di kawasan tersebut sebesar 35% sedangkan Apple menguasai 42%.

*Anda kini bisa cek harga dan perbandingan smartphone terbaru di detikINET. Silakan klik DI SINI.



Simak Video "Sederet Teknologi yang Dibawa Samsung di CES 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)