TSMC Bakal Ditinggal AMD karena Berpihak ke Apple

TSMC Bakal Ditinggal AMD karena Berpihak ke Apple

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 22 Nov 2021 15:11 WIB
Ilustrasi TSMC
Foto: Dok. TSMC
Jakarta -

AMD disebut bakal mengalihkan produksi chipnya dari TSMC ke Samsung saat nanti mereka mulai memproduksi chip 3nm. Penyebabnya? TSMC dinilai terlalu berpihak ke Apple.

Saat ini, semua CPU dan GPU AMD masih diproduksi oleh TSMC, yaitu chip berbasis pabrikasi 5nm. Namun saat nanti mereka mulai menggunakan chip 3nm, produksinya disebut akan dialihkan ke Samsung.

Langkah ini kabarnya diambil AMD karena TSMC dianggap lebih berpihak ke Apple dalam hal produksi chip, yang membuat AMD (dan pabrikan lain) dianaktirikan, demikian dikutip detikINET dari Guru3D, Senin (22/11/2021).

Namun bisa juga langkah AMD ini dilakukan karena mereka memang bekerja sama dengan Samsung untuk mendesain GPU di Exynos 2200.

TSMC beberapa kali dikabarkan memang lebih mendahulukan Apple dalam banyak hal. Misalnya pada Agustus lalu, mereka menaikkan biaya produksi chip sebesar 20%, namun khusus Apple, kenaikannya hanya 3%.

Lalu di tengah kelangkaan chip secara global, Apple pun masih bisa merilis dua chip kelas atasnya, yaitu M1 Pro dan M1 Max, yang masing-masing mempunyai 33,7 juta dan 57 juta transistor. Meskipun sebenarnya, Apple harus memotong produksi iPad sebanyak 50% untuk bisa memenuhi kebutuhan chip di iPhone.

Selain itu, TSMC juga diduga sudah menyiapkan kapasitas produksi chip 3nm untuk Apple, yang membuat AMD dan perusahaan lain hanya kebagian sedikit dari chip 3nm-nya.

Meski begitu, perusahaan seperti Qualcomm disebut masih tetap menggunakan jasa TSMC untuk memproduksi sebagian chip terbarunya, yaitu Snapdragon 8 Gen1 versi plus, sementara versi non plus bakal diproduksi oleh Samsung.

Menurut Counterpoint, selama 2021 ini Apple menguasai market share chip 5nm dengan persentase 53%, sementara Qualcomm di bawahnya dengan 24%. Saat ini hanya ada dua perusahaan yang bisa memproduksi chip 5nm, yaitu TSMC dan Samsung.

Mengingat semua chip Apple diproduksi oleh TSMC, terlihat kalau perusahaan asal Taiwan itu masih menguasai produksi chip secara global. Jika Samsung bisa memproduksi chip 3nm dan membujuk para pabrikan seperti AMD dan Qualcomm untuk memesannya, mereka bisa mendapatkan peningkatan pemasukan yang signifikan pada 2022 mendatang.



Simak Video "iPhone 13 Diejek Samsung"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)