Indonesia Jadi Calon Raja Ekonomi Digital di Dunia

Indonesia Jadi Calon Raja Ekonomi Digital di Dunia

Aisyah Kamaliah - detikInet
Rabu, 17 Nov 2021 17:14 WIB
Ekonomi Digital
Indonesia calon raja ekonomi digital di Asia bahkan di dunia (Foto: Detikcom)
Jakarta -

Indonesia calon raja ekonomi digital di Asia bahkan di dunia. Sekaligus, Indonesia juga pasar industri khususnya smartphone terbaik. Geoffry Nugraha Acting President Director QNB menyampaikan hal ini dalam acara Indosat Ooredoo Talk, Rabu (17/11/2021).

"Lebih dari 200 juta populasi di Indonesia, sekitar 96% di antaranya sudah mengakses internet melalui ponsel, dan bagi industri, Indonesia adalah pasar besar," ucap Geoffry.

"Indonesia adalah negara ke-4 terbesar dari sisi pengguna internet sekaligus bisnis smartphone terbesar ke-4 di dunia. Tentunya ekonomi digital dihadapi beberapa tantangan," sambungnya.

Vikram Sinha, Direktur & CCO Indosat Ooredoo mengatakan dalam kesempatan yang sama bahwa Indosat dan partner bersedia untuk berkerja sama membangun ekonomi digital Indonesia lewat pengembangan infrastruktur.

"Kami mendukung rencana Indonesia dalam ekonomi digital dan kami ingin kerjasama serta membangun kolaborasi dengan pihak lain seperti perbankan," kata Vikram.

Geoffry mengatakan bahwa perbankan memberikan potensi yang cukup besar untuk ekonomi digital. Terlebih, kini pemanfaatan internet untuk transaksi, pembayaran, investasi bahkan pinjaman mengalami peningkatan. Ini makin diperkuat karena kondisi pandemi. Lebih lanjut, ia mengungkap tantangan yang dihadapi Indonesia.

"Pembangunan yang menyatu dibutuhkan untuk beradaptasi pada pembangunan di sistem apapun. Selain itu, dari sisi keamanan, dengan lebih banyaknya transaksi, informasi keamanan sangatlah penting dan membutuhkan banyak resources dan investasi," tandasnya.



Simak Video "Strategi GoPay Dorong Transaksi Non Tunai di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)