Meta Facebook Jiplak Nama dan Logo Perusahaan Malaysia?

Meta Facebook Jiplak Nama dan Logo Perusahaan Malaysia?

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 08 Nov 2021 22:44 WIB
Mark Zuckerberg resmi mengumumkan perubahan nama Facebook menjadi Meta.  (AP Photo/Eric Risberg)
Meta Facebook Jiplak Nama dan Logo Perusahaan Malaysia? (Foto: AP/Eric Risberg)
Jakarta -

Facebook baru saja mengumumkan pergantian nama perusahaannya menjadi Meta disertai dengan logo. Ternyata, nama Meta dan logo tersebut sudah dipakai lebih dahulu oleh perusahaan asal Malaysia.

Metagroup asal negeri Jiran itu sudah eksis sejak tiga tahun lalu. Anthony Cheng selaku pemilik perusahaan memamerkan kemiripan nama dan logonya.

Simbil infinity ala Meta kepunyaan Facebook dengan Metagrup asal perusahaan Malaysia ini sangat identik.

Bedanya, bentuk infinity yang ditampilkan Meta Facebook cenderung berbentuk menyerupai huruf M. Adapula, jenis font-nya juga berbeda.

Dikutip dari Mothership, Senin (8/11/2021) logo infinity Metagrup asal Malaysia itu diambil dari konsep Yin dan Yang. Sedangkan, corak warna mewakili lima elemen dan saling melengkapi.

Cheng juga menjelaskan, Meta miliknya mengacu pada asal usul alam semesta, kehidupan, dan kekuatan pendorong di balik bisnis yang baik.

Apabila Meta Facebook bergerak di bidang perusahaan teknologi, sedangkan Meta perusahaan Malaysia menyediakan serangkaian layanan dan kelas geomansi, yaitu salah satu ilmu meramal yang berdasarkan pengamatan pada garis-garis atau gambar-gambar.

Nama dan logo Meta kepunyaan Cheng pun sudah didaftarkan sebagai merek dagang mereka di Malaysia. Artinya, bila ada nama atau bentuk serupa di negara tersebut bisa terkena hukuman.

Ini bukan pertama kalinya Meta Facebook tersandung persoalan nama. Sebelumnya, perusahaan PC di Arizona, AS yang menjual komputer, laptop, dan software untuk gamer mengugat Facebook senilai USD 20 juta atau Rp 286 miliar.

Meta PC mendahului Facebook dan sudah mendaftarkan merek dagangnya pada bulan Agustus lalu meski belum dikabulkan. Pendiri Meta PC Joe Darger dan Zack Shutt akan memberikan nama Meta ke Facebook, jika perusahaan Mark Zuckerberg mau membayar mereka.



Simak Video "Wajah Baru Facebook Sebagai Meta"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)