Punya Rp 4.700 Triliun, Dari Mana Duit Elon Musk?

Punya Rp 4.700 Triliun, Dari Mana Duit Elon Musk?

Fino Yurio Kristo - detikInet
Kamis, 04 Nov 2021 06:10 WIB
Elon Musk
Elon Musk. Foto: Instagram @elonrmuskk
Jakarta -

Menurut Bloomberg Billionaires Index, kekayaan Elon Musk saat ini di kisaran USD 330 miliar atau lebih dari Rp 4.700 triliun. Ia menjadi manusia pertama yang hartanya tembus USD 300 miliar. Dari mana semua uang itu?

Dibandingkan tahun silam, harta Musk naik sekitar USD 160 miliar. Sumber utama kekayaan Musk adalah kepemilikan sahamnya di perusahaan mobil listrik Tesla, di mana dia juga adalah sang CEO.

Tesla saat ini adalah perusahaan otomotif terbesar di dunia. Bahkan kapitalisasi pasar Tesla sudah lebih dari USD 1 triliun. Sangat sedikit perusahaan yang mencapai nilai itu, yaitu Apple, Amazon, Microsoft, Aramco dan Alphabet.

Elon Musk tercatat memiliki 23% saham di Tesla yang menyumbang 67% dari kekayaan bersihnya, menurut Bloomberg. Kemudian sumber penghasilan kedua adalah dari perusahaan pesawat luar angkasa SpaceX yang saat ini adalah salah satu perusahaan privat paling bernilai.

Seperti dikutip detikINET dari The Federal, nilai SpaceX diperkirakan USD 100 miliar saat ini. Elon Musk punya sekitar 48% saham di SpaceX.

Baru-baru ini, Elon Musk mengaku siap menyumbangkan USD 6 miliar atau sekitar Rp 85 triliun untuk mengatasi kelaparan di dunia. Ini adalah responsnya terhadap komentar dari Executive Director of World Food Programme David Beasley.

Dalam wawancara dengan CNN beberapa waktu yang lalu, Beasley mengatakan Musk bisa menyelamatkan 42 juta orang dari kelaparan hanya dengan menyumbangkan USD 6 miliar atau 2% dari total kekayaannya.

Tidak lama setelah David mengunggah cuitannya, Musk membalas dengan mengatakan kalau ia siap menjual sahamnya di Tesla dan menyumbangkan USD 6 miliar saat ini juga.

"Jika WFP bisa menjelaskan di utas Twitter ini bagaimana USD 6 miliar bisa mengatasi kelaparan di dunia, saya akan menjual saham Tesla saat ini juga dan menyumbangkannya," kata Musk, seperti dikutip dari Business Insider, Senin (1/11/2021).

"Tapi keuangannya harus open source, sehingga publik bisa melihat dengan tepat bagaimana uang itu dipergunakan," sambung Elon Musk.



Simak Video "Harta Elon Musk Kini Tembus Rp 4.000 Triliun!"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/rns)