Cara Investasi di SpaceX, Perusahaan Elon Musk

Cara Investasi di SpaceX, Perusahaan Elon Musk

Aisyah Kamaliah - detikInet
Sabtu, 30 Okt 2021 08:00 WIB
SpaceX Crew Launch ISS
Cara investasi di SpaceX. Foto: AP
Jakarta -

Pernah terlintas investasi di SpaceX perusahaan milik Elon Musk? Apalagi SpaceX tumbuh pesat belakangan dan valuasinya disebut telah mencapai 100x unicorn (USD 100 miliar).

Jadi tidak mengherankan bahwa banyak orang yang tertarik untuk berinvestasi di sana. Tapi ada hal yang harus kamu ketahui sebelumnya: tidak ada cara langsung investasi di SpaceX sebagaimana dikutip dari MyBankTracker.

Karena SpaceX bukan perusahaan publik, kamu tidak dapat membeli saham perusahaan atau berinvestasi di SpaceX secara langsung. Satu-satunya cara untuk berinvestasi di SpaceX adalah dengan berinvestasi secara tidak langsung.

Itu artinya, pilihannya adalah berinvestasi dalam bisnis yang bekerja sama dengan SpaceX atau berinvestasi di perusahaan yang memiliki kepentingan di SpaceX.

Ada beberapa perusahaan yang telah berinvestasi di SpaceX. Yang paling mudah diakses kemungkinan adalah Alphabet (NASDAQ: GOOG), perusahaan induk Google.

Catatannya, jika kamu membeli saham di Alphabet sebagai cara tidak langsung untuk berinvestasi di SpaceX, kinerja layanan Alphabet, seperti Google dan Youtube, akan memiliki dampak yang jauh lebih tinggi pada investasi ketimbang dari SpaceX.

Cara lain adalah dengan berinvestasi di teknologi yang berkaitan dengan antariksa. Ada perusahaan kedirgantaraan, seperti Boeing, yang melakukan banyak manufaktur terkait dengan luar angkasa dan memiliki divisi yang didedikasikan untuk mengembangkan teknologi luar angkasa.

Selanjutnya, pilihan lainnya adalah membeli reksa dana atau ETF yang fokus pada industri dirgantara. Reksa dana memungkinkan kamu membeli saham dalam satu dana yang memiliki saham di lusinan atau ratusan perusahaan. Ini memudahkan diversifikasi investasi yang kamu lakukan. Jika satu perusahaan bernasib buruk, kamu pun tidak akan kehilangan seluruh investasi yang kamu kerahkan.

Tapi perlu diingat nih detikers, saham dan investasi lainnya memiliki risiko sehingga perlu pemahaman mengenai pilihan di mana kamu mempercayakan keuanganmu dikelola. Selalu ingat, jangan asal atau terjebak dengan obsesi untuk berinvestasi tanpa pengetahuan baik atau pengawasan konsultan --jika dibutuhkan-- mengenai hal tersebut.



Simak Video "SpaceX Siap Terbangkan Wisatawan ke Luar Angkasa "
[Gambas:Video 20detik]
(ask/asj)