Tokopedia Bagi Tips Buat Milenial Berburu Cuan dengan Investasi

Tokopedia Bagi Tips Buat Milenial Berburu Cuan dengan Investasi

Jihaan Khoirunnisaa - detikInet
Senin, 23 Agu 2021 13:50 WIB
Tokopedia Reksa Dana
Foto: dok. Tokopedia
Jakarta -

PandemiCOVID-19 seakan memaksa masyarakat untuk lebih cermat dalam mengatur keuangan. Hal ini membuat investasi daring semakin diminati. Head of Investment and Insurance Tokopedia, Marissa Dewi mengatakan selama 3 tahun terakhir, jumlah pengguna Tokopedia Reksa Dana meningkat, bahkan lebih dari 68x lipat.

Sementara transaksi jual-beli emas lewat Tokopedia Emas naik hampir 27x lipat selama lebih dari dua tahun ke belakang.

"Ini membuat Tokopedia berupaya #SelaluAdaSelaluBisa mempermudah masyarakat berinvestasi serta berharap dapat meningkatkan inklusi keuangan dan perekonomian digital di Indonesia," katanya dalam keterangan tertulis, Senin (23/8/2021).

Bertepatan dengan Hari Indonesia Menabung yang jatuh pada 20 Agustus 2021 lalu, Tokopedia membagikan tips investasi bagi generasi milenial.

1. Pilih Investasi Sesuai Kebutuhan

Generasi milenial bisa mulai berinvestasi dengan memilih jenis instrumen yang tepat sesuai kebutuhan. Bagi yang mencari pilihan investasi jangka pendek, yaitu sekitar 1-2 tahun maka dapat memanfaatkan fitur Tokopedia Reksa Dana. Sementara untuk investasi jangka panjang, investasi emas dinilai lebih pas. Masyarakat dapat menggunakan fitur Tokopedia Emas pada aplikasi.

2. Pastikan Produk Investasi Aman

Dalam memilih produk investasi tidak boleh asal. Pastikan investasi tersebut sudah mendapat izin resmi, serta menyajikan portofolio laporan investasi secara transparan. "Tokopedia bekerja sama dengan berbagai mitra strategis terpercaya yang diawasi oleh OJK dalam menawarkan pilihan investasi daring yang aman, mudah dan terjangkau untuk seluruh masyarakat Indonesia," kata Marissa.

3. Tentukan Tujuan Berinvestasi

Agar mempermudah, pastikan Anda sudah menentukan tujuan saat berinvestasi. Apakah dana tersebut akan digunakan untuk menikah, liburan, atau tujuan lainnya. Kini, generasi milenial dapat merencanakan investasi dengan mudah lewat fitur Dana Impian di Tokopedia Reksa Dana. Dengan begitu akan membantu pengguna menabung untuk tujuan tertentu.

4. Mulai dari Nominal Kecil

Berinvestasi tak harus punya dana besar. Anda bisa menyisihkan sebagian kecil penghasilan. Langkah ini menjadi awal yang baik untuk mulai belajar investasi secara bertahap.

"Di Tokopedia Reksa Dana, siapa pun bisa mulai berinvestasi dengan sangat mudah mulai Rp10.000. Pendaftaran juga dapat dilakukan dengan sangat cepat melalui telepon genggam," jelas Marissa. Selain itu, lewat fitur Pembulatan Emas di Tokopedia, masyarakat juga dapat menabung sejumlah emas dengan membulatkan tagihan saat berbelanja.

5. Buat Jadwal Menabung

"Manfaatkan fitur Langganan di Tokopedia Emas agar investasi bisa rutin dilakukan sesuai jadwal yang ditentukan, bisa per minggu atau per bulan, dan bisa dengan nominal yang sangat terjangkau, yaitu mulai dari Rp5.000," terangnya.

Sementara di Tokopedia Reksa Dana, fitur Langganan memungkinkan pengguna mencapai target investasi dengan menentukan nominal dan jadwal investasi sesuai kebutuhan. Dana secara otomatis akan disalurkan ke saldo Reksa Dana dan pengguna dapat mengubah pengaturannya kapan saja.

"Tokopedia akan konsisten berinovasi dengan harapan dapat terus memberikan solusi investasi yang inklusif di Indonesia, sehingga investasi bisa menjadi suatu kebiasaan bagi lebih banyak masyarakat, khususnya generasi milenial," pungkasnya.



Simak Video "Tokopedia Dinobatkan Sebagai E-Commerce dengan Tampilan Terbaik"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/fay)