Jeff Bezos Lepas Jabatan CEO Amazon, Jumlah Harta Pensiun Bikin Iri

Jeff Bezos Lepas Jabatan CEO Amazon, Jumlah Harta Pensiun Bikin Iri

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 05 Jul 2021 14:19 WIB
Jeff Bezos 200 Miliar
Jeff Bezos Tidak Lagi Menjabat Sebagai CEO Amazon Foto: Instagram
Jakarta -

Jeff Bezos resmi mundur dari posisinya sebagai CEO Amazon mulai hari ini Senin (5/7/2021). Meski tidak lagi menjabat sebagai CEO Amazon, Bezos tidak perlu khawatir dengan dana pensiunnya mengingat kekayaannya yang mencapai ratusan miliar dolar.

Setelah mundur dari jabatannya, posisi Bezos akan digantikan oleh Andy Jassy yang sebelumnya menjabat sebagai bos Amazon Web Services. Tapi Bezos tidak akan meninggalkan Amazon sepenuhnya karena ia masih akan menjabat sebagai executive chairman.

Mundurnya Bezos dari Amazon telah diumumkan sejak beberapa bulan yang lalu. Pria berusia 57 tahun itu memilih mundur pada 5 Juli karena itu merupakan tanggal dibentuknya Amazon sebagai toko buku online 27 tahun yang lalu.

Berawal dari toko buku online, kini Amazon merupakan salah satu raksasa e-commerce di dunia. Kekayaan Bezos pun ikut melambung seiring dengan berkembangnya Amazon.

Berdasarkan estimasi Forbes, kekayaan Bezos meroket hingga USD 196 miliar sejak tahun 1998, saat ia pertama kali masuk dalam daftar orang terkaya di Amerika Serikat. Kini ia menjadi orang terkaya di dunia dengan kekayaan sekitar USD 202 miliar.

Sejak 2019 saja kekayaan Bezos meningkat 79%. Padahal Bezos sudah membagikan seperempat dari jumlah saham Amazon yang dimilikinya kepada mantan istrinya MacKenzie Scott setelah keduanya bercerai pada tahun 2019.

Business Insider memperkirakan kekayaan Bezos 739.489 kali lipat dari kekayaan rata-rata orang Amerika saat pensiun di usia 65 tahun. Sebagai pembanding, rata-rata orang Amerika pensiun dengan kekayaan senilai USD 266.400.

90% kekayaan Bezos datang dari Amazon. Sisanya berasal dari bisnis sampingannya, termasuk perusahaan roket Blue Origin dan koran The Washington Post, seperti dikutip dari USA Today, Senin (5/7/2021).

Berdasarkan laporan dari ProPublica tentang pajak penghasilan yang dibayarkan oleh orang kaya Amerika, Bezos diketahui tidak pernah membayar pajak.

Pada tahun 2007, Bezos yang sudah menyandang status miliarder tidak membayar pajak federal. Pada tahun 2011 saat kekayaannya sudah sebesar USD 18 miliar, ia juga tidak membayar pajak federal dan malah menerima kredit pajak sebesar USD 4.000 untuk anak-anaknya.

Setelah pensiun dari Amazon, Bezos masih akan disibukkan dengan perusahaannya yang lain. Pada tanggal 20 Juli, ia akan terbang ke luar angkasa dalam penerbangan berawak pertama Blue Origin.



Simak Video "Ambisi Bos Amazon untuk Perpanjang Umur Manusia"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)