Aplikasi Norton Antivirus Kini Bisa Dipakai Nambang Ethereum

Aplikasi Norton Antivirus Kini Bisa Dipakai Nambang Ethereum

Virgina Maulita Putri - detikInet
Minggu, 06 Jun 2021 07:15 WIB
Norton Antivirus kini bisa dipakai untuk nambang ethereum
Aplikasi Norton Antivirus Kini Bisa Dipakai Nambang Ethereum Foto: dok. Norton
Jakarta -

Norton mungkin lebih dikenal sebagai pembuat software antivirus untuk PC dan ponsel. Di tengah demam mata uang kripto, Norton mengubah aplikasinya menjadi penambang Ethereum.

Fitur penambang kripto ini bernama 'Norton Crypto' dan akan bisa digunakan oleh semua pengguna aplikasi Norton 360 dalam beberapa minggu ke depan. Norton mengatakan kehadiran fitur penambang kripto ini akan meningkatkan pengalaman pengguna.

Pasalnya, selama ini orang-orang yang ingin menambang kripto harus mematikan semua software keamanan di komputernya. Dengan kehadiran fitur ini, pengguna software Norton bisa menambang kripto dengan aman tanpa mengorbankan keamanan perangkatnya.

"Selama bertahun-tahun, banyak penambang koin yang harus mengambil risiko demi mata uang kripto, mematikan keamanan di perangkat mereka agar bisa menambang koin dan memungkinkan kode tidak diperiksa ke dalam mesin mereka yang dapat mencomot pendapatan mereka atau bahkan menanam ransomware," kata Norton dalam keterangannya, seperti dikutip dari The Guardian, Sabtu (5/6/2021).

Setelah pengguna Norton 360 mengaktifkan fitur Norton Crypto, software ini akan langsung menggunakan GPU perangkat untuk menambang Ethereum. Hasil yang sudah ditambang akan dikirimkan ke dompet digital yang di-host di cloud.

Untuk menguangkan pendapatannya, pengguna bisa memindahkannya ke platform penukaran mata uang kripto seperti Coinbase. Meski saat ini baru bisa digunakan untuk menambang Ethereum, Norton berencana menghadirkan mata uang kripto terpercaya lainnya.

Tidak diketahui apakah perangkat yang menjalankan Norton Crypto akan menambang secara solo atau menjadi bagian dari 'pool' bersama pengguna lainnya.

Menambang secara solo terbilang sangat sulit karena bergantung pada keberuntungan dan perangkat yang bertenaga tinggi. Sedangkan jika bergabung bersama pool, pengguna bisa menambang bersama pengguna lainnya dan masing-masing akan menyumbangkan kekuatan perangkatnya untuk kemudian membagi hasil sesuai kontribusinya.

Selain bisa menjamin hasil, sistem pool juga memungkinkan perusahaan untuk menetapkan biaya keanggotaan. Biasanya perusahaan penambang mengambil komisi sekitar 1% dari pendapatan, dan pendekatan ini bisa saja diadopsi oleh Norton untuk meraup pendapatan tambahan.



Simak Video "Inggris Rilis Satgas Antivirus Baru, Ini Tugasnya"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/asj)