Saingi TikTok, YouTube Siapkan Dana Rp 1,4 Triliun

Saingi TikTok, YouTube Siapkan Dana Rp 1,4 Triliun

Josina - detikInet
Jumat, 14 Mei 2021 12:45 WIB
Ilustrasi Google, ilustrasi YouTube, dan ilustrasi Facebook
Foto: Andhika Prasetia
Jakarta -

Belum lama ini YouTube mengumumkan telah menyiapkan dana sebesar USD 100 juta atau sekitar Rp 1,4 triliun untuk pengguna Shorts, aplikasi yang dihadirkan untuk menyaingi kepopuleran TikTok.

"Dana ini adalah langkah pertama dalam perjalanan kami membangun model monetisasi jangka panjang untuk Shorts di YouTube," tulis YouTube dalam postingan blognya seperti dikutip detikINET dari CNBC.

Dana tersebut adalah upaya YouTube untuk mencoba membangun basis pengguna dan kreator di Shorts. Short sendiri dihadirkan untuk dapat bersaing dengan TikTok, Snap dan Reels dari Instagram.

Google sebagai perusahaan induk Youtube, mengumumkan bahwa Shorts sudah berhasil menghasilkan pendapatan sebesar USD 6,5 miliar pemutaran setiap hari secara global.

Shorts sendiri telah diluncurkan secara resmi di AS pada awal Mei, setelah meluncurkan versi betanya pada awal tahun 2021.

Untuk dana Rp 1,4 triliun ini YouTube akan mulai mendistribusikan dana tersebut untuk para kreator mulai bulan depan dan akan berlangsung hingga sampai tahun 2022.

Untuk mendapatkan uang dari YouTube dikatakan kreator dapat menciptakan konten yang unik dan digemari oleh komunitas pengguna YouTube.

YouTube mengatakan akan menjangkau ribuan pembuat konten setiap bulan yang menerima keterlibatan dan penayangan paling banyak. Ini juga akan meminta pembuat konten untuk berbagi masukan tentang performa Shorts.



Simak Video "Beda YouTube Shorts dengan TikTok dan 'Reels' Instagram"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/afr)