Pengguna Aktif Bulanan Windows 10 Tembus 1,3 Miliar

Pengguna Aktif Bulanan Windows 10 Tembus 1,3 Miliar

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 30 Apr 2021 14:45 WIB
NEW YORK, NY - MAY 2: The Microsoft logo is illuminated on a wall during a Microsoft launch event to introduce the new Microsoft Surface laptop and Windows 10 S operating system, May 2, 2017 in New York City. The Windows 10 S operating system is geared toward the education market and is Microsofts answer to Googles Chrome OS. (Photo by Drew Angerer/Getty Images)
Foto: Drew Angerer/Getty Images
Jakarta -

Pada Maret 2020 lalu, seorang pejabat Microsoft menyebut Windows 10 sudah diinstal di 1 miliar perangkat aktif, dan kini pada akhir April, jumlahnya sudah menembus 1,3 miliar perangkat aktif.

Pertumbuhan yang cukup signifikan itu salah satunya disebabkan oleh pandemi COVID-19. Selama pandemi, lebih banyak orang membeli PC karena mereka membutuhkan perangkat untuk bekerja dan belajar dari jarak jauh alias secara remote.

Pencapaian ini tentu menggembirakan bagi Microsoft, terutama tim Windows 10. Pasalnya, mereka butuh waktu lama untuk menembus angka 1 miliar pengguna. Bahkan waktu yang dibutuhkan untuk mencapai target itu ngaret 2 tahun dari target awal.

Pada 2015 pihak Microsoft menyebut mereka memperkirakan Windows 10 akan terpasang di 1 miliar perangkat pada akhir 2018. Angka itu adalah menghitung semua perangkat yang didesain untuk menjalankan sistem operasi tersebut.

Termasuk desktop PC, laptop, tablet, Windows Phone, Xbox One, Surface Hub, HoloLens, dan bermacam perangkat IoT.

Pada earning call Q3 tahun fiskal 2021, juru bicara Microsoft menyebut permintaan PC yang tinggi membantu mereka untuk mencapai pemasukan USD 41,7 miliar pada kuartal tersebut, demikian dikutip detikINET dari Zdnet, Jumat (30/4/2021).

Chief Financial Officer Microsoft Amy Hood menyebut pasar PC saat ini benar-benar kuat meskipun ada kelangkaan chip. Bahkan menurut Microsoft, konsol Xbox terdampak lebih besar dibanding PC akibat kelangkaan chip tersebut.

Pemasukan Microsoft dari Surface meningkat menjadi USD 1,5 miliar pada kuartal tersebut, naik 12% secara year over year. Lalu pemasukan dari penjualan Windows OEM naik 10%, yang disebabkan oleh peningkatan permintaan PC. Lalu khusus untuk kuartal ini, pemasukan Windows OEM non Pro kenaikannya mencapai 44%.



Simak Video "Microsoft Berniat Caplok Aplikasi Discord "
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)