Teknologi Google Ini Bisa Bantu UMKM Go International

Teknologi Google Ini Bisa Bantu UMKM Go International

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 20 Apr 2021 17:40 WIB
FILE PHOTO: An illuminated Google logo is seen inside an office building in Zurich September 5, 2018. REUTERS/Arnd WIegmann/File Photo
Teknologi Google yang Bisa Bantu UMKM Go International Foto: Arnd WIegmann/Reuters
Jakarta -

Teknologi digital seperti media sosial dan e-commerce menjadi beberapa layanan yang bisa digunakan UMKM untuk mengembangkan bisnisnya, bahkan menembus pasar internasional. Rupanya Google juga memiliki beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan UMKM untuk go international.

Menurut Manajer Hubungan Pemerintahan dan Kebijakan Publik Google Indonesia Danny Ardianto ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan UMKM jika menggunakan bantuan teknologi.

Berdasarkan survei dari McKinsey Global Institute, UMKM yang bisnisnya memanfaatkan internet bisa tumbuh dua kali lebih cepat, ekspor produk dua kali lebih besar, dan meningkatkan jumlah pekerjaan baru dua kali lebih banyak. Selain itu, teknologi juga bisa menghemat biaya pemasaran sebesar 36-40% dan biaya penelitian pasar sebesar 58-82%.

Selain menggunakan media sosial dan e-commerce, UMKM juga bisa menggunakan layanan Google bernama Market Finder untuk menjangkau pasar dan konsumen yang lebih luas. Layanan ini dan informasi yang diperoleh bisa diakses secara gratis.

"Google Market Finder itu secara otomatis kalau kita masukkan website dari UMKM atau bisnis apapun, kemudian akan bisa dipandu untuk muncul insight, market mana saja yang cukup potensial, tipsnya apa saja, cara mengaksesnya bagaimana," kata Danny dalam acara peluncuran program Dukung UMKM Indonesia Timur, Selasa (20/4/2021).

Selain itu, UMKM juga bisa memanfaatkan YouTube yang banyak digunakan bisnis untuk meningkatkan visibilitasnya agar bisa dicari oleh siapapun dan di manapun.

Danny mengatakan UMKM jasa seperti yang terlibat di sektor gaming atau produktivitas bisa mengembangkan aplikasi agar mudah 'diekspor' ke luar negeri.

Tapi menurut Danny menyediakan tools saja tidak cukup karena UMKM mungkin masih kesulitan menggunakan teknologi di atas. Untuk itu Google mengadakan beberapa program pelatihan di Indonesia seperti Grow with Google dan Dukung UMKM Indonesia Timur.

"Kita berupaya untuk meningkatkan skills UMKM di manapun berada, internet yang seperti apapun kualitasnya juga bisa dibantu, agar semua tidak mengalami kesulitan, semua punya kemampuan yang sama untuk tumbuh dan bangkit sama-sama dari pandemi COVID-19," pungkasnya.



Simak Video "Bantah Layanannya Down, Begini Penjelasan Google Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)