Misteri Pony Ma, Rival Jack Ma Berduit Rp 866 Triliun

Misteri Pony Ma, Rival Jack Ma Berduit Rp 866 Triliun

Fino Yurio Kristo - detikInet
Kamis, 25 Mar 2021 16:49 WIB
Jack Ma Ma Huateng
Pony Ma bersama Jack Ma. Foto: Reuters
Jakarta -

Ma Huateng yang lebih sering dipanggil Pony Ma, adalah salah seorang pebisnis paling berhasil di China. Ia mendirikan Tencent yang sekarang adalah raksasa teknologi. Namun sosok pria yang kerap disebut rival Jack Ma ini sedikit banyak diliputi misteri.

Layanan Tencent WeChat sampai game Honour of Kings sangat populer di Negeri Tirai Bambu. Tapi di tengah sukses perusahaannya itu, Huateng jarang tampil ke publik atau berkisah tentang hidupnya. Hal itu sangat berbeda dari Jack Ma yang gemar tampil dan berbicara, Pony Ma adalah sosok low profile.

Istri Pony Ma yang bernama Wang Danting, juga sama jarangnya muncul seperti suaminya. Konon, Ma dan Wang kenalan melalui chatting di pesan instan buatan Ma, QQ. Setelah 3 bulan chatting, barulah mereka bertemu, saling cinta, dan memutuskan untuk menikah.

Ia beberapa kali jadi orang terkaya China, bersaing dengan Jack Ma. Saat ini, Pony Ma berada di posisi kedua dengan harta diestimasi Forbes sekitar USD 60 miliar atau di kisaran Rp 866 triliun.

Dihimpun detikINET dari berbagai sumber, Kamis (25/3/2021) Pony Ma lahir di distrik Chaoyang, Shantou pada 49 tahun lalu. Ayahnya manajer pelabuhan di Shenzen. Dia kuliah di Shenzen University dan lulus pada tahun 1993 dari jurusan Ilmu Komputer.

Pony Ma bersama beberapa rekannya lantas mendirikan Tencent pada tahun 1998. Perusahaan itu terus merugi pada 3 tahun pertama dan mengandalkan pendanaan dari pemodal.

Produk pertama mereka yang sukses besar adalah layanan pesan instan QQ, yang langsung menjadi sumber pemasukan utama Tencent. Kemudian mereka merambah dunia game dengan judul-judul populer seperti CrossFire, Dungeon Fighter Online sampai League of Legends. Pony Ma pun kian sukses.

Halaman selanjutnya: sepak terjang Tencent...