Pendiri OnePlus Luncurkan Brand 'Nothing', Bakal Jualan Apa?

Pendiri OnePlus Luncurkan Brand 'Nothing', Bakal Jualan Apa?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 29 Jan 2021 10:05 WIB
Pendiri OnePlus Carl Pei dirikan perusahaan baru bernama Nothing
Pendiri OnePlus Luncurkan Brand 'Nothing', Bakal Jualan Apa? Foto: Nothing
Jakarta -

Carl Pei, co-founder OnePlus yang berpisah dengan perusahaannya tahun lalu akhirnya mengumumkan proyek terbarunya. Perusahaan baru itu bernama Nothing, brand yang fokus pada consumer technology dan berbasis di London, Inggris.

Meski masih sangat baru, Nothing berhasil menggaet nama-nama besar di dunia teknologi sebagai investornya seperti penemu iPod Tony Fadell, co-founder Twitch Kevin Lin, CEO Reddit Steve Huffman, dan YouTuber Casey Neistat. Nothing berencana meluncurkan produk pintar pertamanya pada paruh pertama tahun ini.

"Misi Nothing adalah untuk menghilangkan batasan antara manusia dan teknologi, untuk menciptakan masa depan digital yang mulus," kata Pei dalam keterangan resminya, seperti dikutip dari The Verge, Jumat (29/1/2021).

"Kami yakin teknologi terbaik itu indah, namun alami dan intuitif untuk digunakan. Ketika cukup maju, itu akan memudar ke latar belakang dan terasa seperti tidak ada," sambungnya.

Spekulasi yang beredar tahun lalu menyebutkan perusahaan baru Pei akan fokus pada musik dan kemungkinan akan memproduksi headphone. Ada juga rumor yang menyebutkan Nothing akan membuat layanan streaming musik.

Dalam wawancara dengan The Verge, Pei tidak memberikan detail yang lebih spesifik tentang produk pintar yang akan diluncurkan Nothing. Ia juga menolak mengatakan perusahaan mana yang akan menjadi saingan Nothing.

Pei hanya mengatakan bahwa Nothing sudah berencana untuk meluncurkan produk dalam berbagai kategori, termasuk membangun ekosistem perangkat sebagai tujuan akhirnya.

"Saat ini... timnya masih dibangun, jadi kami ingin fokus ke kategori yang lebih sederhana. Tapi seiring bertambahnya kemampuan dan keterampilan tim kami, kami ingin mulai bergerak maju," ucap Pei.

Pei juga mengatakan Nothing akan memulai bisnisnya dengan menjual hardware, bukan software. Tapi untuk jangka panjang, pria berusia 31 tahun ini mengakui bisnis yang sehat membutuhkan hardware dan software yang bagus.

Untuk membedakan produknya dengan produk pesaing, Nothing akan menggunakan komponen yang dibuat khusus untuk produknya sejak awal.

"Ada alasan mengapa banyak produk di pasar terlihat mirip. Itu karena mereka berbagi komponen yang sama dan elemen penyusun yang sama," ujar Pei.

Tidak seperti OnePlus yang berada di bawah BBK Electronics, Pei mengatakan Nothing akan berdiri secara independen dan memiliki departemen riset dan pengembangan sendiri. Nothing juga tidak akan sekedar memberikan label baru untuk produk buatan orang lain.



Simak Video "Rayakan Lebaran Virtual Pakai Aplikasi Ini!"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)