Tak Mau Tergantung AS, Tencent Kucurkan Investasi untuk Startup Chip AI

Tak Mau Tergantung AS, Tencent Kucurkan Investasi untuk Startup Chip AI

Rachmatunnisa - detikInet
Rabu, 06 Jan 2021 22:10 WIB
Tencent
Tak Mau Tergantung AS, Tencent Kucurkan Investasi untuk Startup Chip AI. Foto: Istimewa
Jakarta -

Salah satu raksasa teknologi asal China Tencent, mengucurkan lebih banyak uang untuk pengembangan chip berbasis artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

Langkah ini juga dilakukan Tencent karena pemerintah China sedang giat-giatnya mendorong kemandirian di sektor semikonduktor, di tengah persaingan antara AS dan China yang kini meluas ke bidang teknologi.

Tencent bersama sejumlah investor lainnya termasuk CITIC, CICC Capital, dan Primavera menginvestasikan 1,8 miliar yuan atau sekitar Rp 3,8 triliun untuk Enflame Technology yang bermarkas di Shanghai. Startup ini sebelumnya juga sudah menerima banyak putaran pendanaan dari Tencent.

Dikutip dari CNBC, Rabu (6/1/2021) Enflame punya teknologi untuk membuat chip yang dirancang memproses data dalam jumlah besar, yang kemudian digunakan untuk melatih sistem kecerdasan buatan. Chip tersebut dirancang untuk pusat data.

Tentunya ini adalah teknologi penting yang dibutuhkan China. Selama beberapa tahun terakhir, China telah berupaya untuk meningkatkan kemampuannya dalam AI dan semikonduktor seiring berlanjutnya perang teknologi dengan AS.

Chip menjadi fokus strategis utama bagi China yang ingin melepaskan diri dari ketergantungan terhadap teknologi Amerika. Tetapi AS tampaknya berupaya merusak ambisi China, dengan memasukkan produsen semikonduktor terbesar di China SMIC ke dalam daftar hitam mereka.

Upaya China dalam chip AI memang terbilang baru lahir jika dibandingkan dengan perusahaan seperti raksasa chip NVIDIA dan AMD di AS. Jelas bahwa Tencent berharap banyak pada startup seperti Enflame Technology. Tencent yakin bahwa startup yang inovatif akan menjadi kunci tujuan China yang lebih luas di sektor chip.

Dukungan Tencent untuk Enflame Technology juga menyoroti tren lain terkait sejumlah raksasa teknologi China yang berbondong-bondong berinvestasi di industri semikonduktor.

Tencent terkenal dengan aplikasi game mobile dan WeChat-nya. Namun, ia memiliki bisnis komputasi awan yang meski kecil namun terus berkembang sehingga chip Enflame nantinya dapat diberdayakan.

Pada 2019, raksasa e-commerce China Alibaba, merilis chip pertamanya untuk mendukung proses AI. Selain itu perusahaan mesin pencarian internet Baidu juga mulai memproduksi chip AI-nya sendiri yang disebut Kunlun tadi hun lalu.



Simak Video "Deretan Game Tencent Balik Lagi di Huawei Apps Store"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)