Apple, Huawei, Samsung Kuasai Pasar Global Smartwatch

Apple, Huawei, Samsung Kuasai Pasar Global Smartwatch

Josina - detikInet
Sabtu, 12 Des 2020 15:19 WIB
olahraga pakai perangkat atau smartwatch. Olahraga dengan beban atau angkat beban (latihan beban).
Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta -

Meski pandemi COVID-19 namun pasar smartwatch atau jam pintar nyatanya tumbuh 6% secara global pada kuartal ketiga tahun 2020.

Menurut laporan dari Global smartwatch Model Tracker oleh Counterpoint Research brand besar seperti Apple, Huawei dan Samsung telah kuasi industri ini dalam hal pengiriman.

Dilansir detikINET dari Gizmochina, Sabtu (12/12/2020) Apple mempertahankan posisi terdepan dengan pangsa pasar sebesar 28%. Perusahaan asal Cupertino ini mengalami peningkatan angka 2% dalam pangsa pasarnya selama periode yang sama di tahun 2019. Peluncuran Apple Watch SE membantu Apple banyak pertama selama kuartal ini.

Lalu untuk Huawei juga berhasil menempati posisi kedua dalam hal pengiriman dengan pangsa pasar 15% di tahun 2020. Angka tersebut menandai pertumbuhan 5% dari kuartal ketiga dibandingkan tahun sebelumnya, yang diakreditasikan untuk peluncuran model-model baru untuk portofolio portablenya.

Sedangkan untuk Samsung perusahaan teknologi asal Korea Selatan menempati poisis ketiga mengalahkan BBK pada tahun 2020 berkat keberhasilan peluncuran smartwatch Galaxy Watch 3.

"Dalam hal penjualan, posisi Apple bahkan lebih kuat. Pada kuartal ketiga, itu mencapai $ 2,3 miliar, hampir setengah dari pengiriman jam tangan pintar global dan peningkatan 18% dari periode yang sama tahun lalu. Samsung mengalami stagnasi pada paruh pertama tahun 2020," kata analis Sujeong Lim.

"Karena menarik lebih sedikit konsumen premium daripada Apple, permintaan untuk basisnya semakin lemah selama pandemi. Tapi itu pulih di kuartal ketiga dengan peluncuran Galaxy Watch 3. Dalam hal pendapatan, Samsung naik 59% tahun-ke-tahun dan sekarang mengharapkan momentum pertumbuhan yang baik," tambahnya.

China telah melampaui Amerika Utara dalam hal pengiriman setelah tertinggal dalam tujuh kuartal terakhir untuk menjadi pemimpin pasar.

Sementara pasar Amerika Utara telah melihat pertumbuhan yang signifikan setelah peluncuran Apple Watch Series 4, Cina telah berhasil maju dengan jam tangan pintar yang ditujukan untuk anak-anak. Meski menjadi pasar smartphone terbesar kedua, India hanya menyumbang 4% dari total pasar smartwatch.



Simak Video "Apple Perkenalkan AirTag, Perangkat Pesaing SmartTag Samsung"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)